Lihat ke Halaman Asli

Puji NurAnjani

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Pengenalan Ecoprint Kepada Kelompok Wanita Tani Desa Sambiroto Rembang

Diperbarui: 6 Desember 2022   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN UNNES Giat 3 melakukan kegiatan pengenalan ecoprint kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sambiroto pada hari Rabu 23 November 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ecoprint dan menambah keterampilan bagi anggota KWT Desa Sambiroto.

Ecoprint merupakan proses menciptakan sebuah kain bermotif tumbuhan, dimana motif tersebut berasal dari tanaman asli. Teknik yang digunakan dalam pembuatan ecoprint ada dua, yaitu teknik pounding (motif dipukul diatas kain) dan teknik steaming (motif dipress dengan kain). Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat ecoprint yaitu kain, pemukul, plastik, tawas, daun yang akan digunakan untuk motif ecoprint.

Dokpri

Kegiatan pengenalan ecoprint terbagi kedalam dua sesi, sesi pertama yaitu pemaparan terkait ecoprint kepada anggota KWT dan sesi kedua yaitu praktek secara langsung. Pemaparan materi ecoprint disampaikan oleh saudara Siti Amrina Rosyidah secara langsung didepan anggota KWT setelah itu dipandu untuk melakukan praktek mandiri.

Dokpri

Dokpri

Dalam kegiatan ini, ecoprint dilakukan menggunakan teknik pounding. Setiap anggota disediakan kain, plastik, dan daun yang akan digunakan. Setiap anggota diwajibkan membawa pemukul sendiri. motif yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari daun jati, daun pepaya, daun bunga sepatu, daun dan bunga pacar air, dan bunga kenikir. Anggota KWT diperkenankan mencoba di selembar kain dan berkreasi sesuai inovasi yang didapatnya untuk memperoleh motif yang diinginkan dan bisa dijadikan motif khas ecoprint Desa Sambiroto.

Dokpri

Selain pengenalan ecoprint, anggota KWT juga dibekali tentang bagaimana memasarkan produk dari hasil ecoprint terutama dibidang digitalisasi.  Setelah diadakannya pengenalan ecoprint dan pemasarannya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan perekonomian masyarakat Desa Sambiroto dengan memanfaatkan sumber daya potensi yang ada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline