Lihat ke Halaman Asli

Napak Tilas Candi Badut di Kota Malang

Diperbarui: 11 September 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Candi Badut (Dokpri)

NAPAK TILAS CANDI DI KOTA MALANG

Candi Badut merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Kahuripan dan memiliki keunikan dengan Candi-candi di Jawa Timur

Candi Badut  merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Kahuripan yang berdiri sejak abad ke 8. Prasasti yang terletak dikawasan Tidar, dibagian barat Kota Malang.

Candi Badut sering ditulis Candi Badhut, Candi Badut ditemukan pada tahun 1921 pada peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Prasasti Dinoyo pada tahun 760 Masehi mengisahkan tentang Gajayanalingga Jagatnata atau Raja Gajayana sebagai penguasa Kanjuruhan pada tahun 760-789 Masehi

Penamaan Candi Badut diperkirakan berasal dari istilah bahasa Sanskerta yakni Bhadtyut yang berkaitan dengan sorot rasi bintang. Candi Badut juga disebut Candi Liswa berlokasi di Desa Karangbesuki, kecamatan Dau, kabupaten Malang, Jawa Timur atau kurang lebih 5 km dari Kota Malang. .

Keunikan Candi Badut terdapat pahatan Kalamakara diambang pintunya. Kalamakara berupa kepala dan wajah raksasa yang biasanya ditempatkan dipintu masuk candi dengan tujuan untuk mengusir roh jahat.

Terdapat beberapa arca di Candi Badut yaitu : Arca Durga Mahesasuramardini, Arca Ganesa, Arca Agasty, Arca Mahakala dan Nandiswara.

Gambar dan keterangan Arca Durga Mahesasuramardini (Dokpri)

 sumber gambar Arca Durga Mahesasuramardini (Dokpri)

sumber gambar Arca Ganesa (Dokpri)

 sumber gambar Arca Agasty (Dokpri)

sumber gambar Arca Mahakala dan Nandiswara. (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline