Lihat ke Halaman Asli

Puja Nurmala

mahasiswa

Mengenal Evaluasi Pembelajaran PAI

Diperbarui: 13 Oktober 2023   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

oleh : Neng Puja Nurmalasari

Evaluasi pembelajaran (assessment) merupakan istilah yang umum dan mencakup semua metode yang biasa dipakai untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai hasil kerja peserta didik baik individu atau kelompok. 

Evaluasi dalam pendidikan bertujuan untuk mengetahui perkembangan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu, dimulai dari harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan metode yang tepat yang harus di kuasai oleh pendidik sehingga akan mendapatkan hasil yang bagus. Untuk mencapai hasil tersebut tentu banyak yang harus diperhatikan yaitu metode mengajar, media pembelajaran, , kurikulum, fasilitas dan administrasi sekolah.

Ada banyak bentuk dari evaluasi, diantaranya yaitu test tulis, test lisan, pedoman wawancara, lembar pengamatan, tugas rumah dan sebagainya. Evaluasi dapat dilakukan kapan saja tergantung guru yang mengampu, bisa dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran berlangsung atau bisa juga setelah pembelajaran dilaksanakan.

Evaluasi pembelajaran PAI lebih menitikberatkan pada kemampuan menguasai materi pendidikan agama islam yang selaras dengan nilai-nilai islam sebagai tujuan dari pendidikan agama islam itu sendiri.

sasaran-sasaran evaluasi pembelajaran PAI secara garis besar dilihat dari empat kemampuan peserta didik (M. Arifin, 2009:162-163) yaitu :

  • sikap dan pengalaman terhadap hubungan pribadinya dengan tuhannya.
  • Sikap dan pengalaman terhadap arti hubungan dirinya dengan masyarakat.
  • Sikap dan pengalaman terhadap arti hubungan kehidupannya dengan alam sekitarnya.
  • Sikap dan pandangannya terhadap diri sendiri selaku hamba Allah Swt, anggota masyarakat serta selaku khalifah di muka bumi.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline