Lihat ke Halaman Asli

Jangan Takut untuk "Speak Up"

Diperbarui: 2 November 2022   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam hidup setiap manusia pasti mengalami masalah yang akan menantang dan menjadi pemanis dalam hidupnya. Masalah akan datang ada siapa saja tanpa memandang bulu, baik itu buruh, petani, mahasiswa, bahkan pejabat sekalipun. Berani untuk menyatakan angkat bicara kepada khalayak dengan istilah lain yang sering kita kenal dengan kata "speak up" yaitu bertujuan untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi dalam suatu forum atau lingkungan manapun sangatlah perlu. "Speak up" Berasal dari bahasa Inggris yang artinya bicara terus terang. Namun, masih banyak orang yang belum berani untuk speak up di depan umum dikarenakan berbagai hal. Apa yang melatarbelakangi seseorang takut untuk speak up? Berbagai faktor yang dapat membuat orang takut untuk speak up, yang diantaranya sebagai berikut:

1. Ancaman yang manukut-nakuti

Kebanyakan orang takut untuk speak up karena adanya ancaman yang ditujukan oleh si pelaku. Tidak semua orang memiliki mental yang kuat untuk berani melawan ancaman tersebut sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk diam. 

2. Takut salah bicara

Berani mengambil keputusan untuk angkat bicara, harus mempersiapkan diri dan sudah jelas apa yang akan dibicarakan. Dalam hal ini sering terjadi, sehingga saat akan bicara orang akan kehilangan kata-kata untuk mengungkapkan pendapat. 

3. Pikiran negatif yang menghantui 

Setiap tindakan yang akan kita lakukan pasti akan menimbulkan dampak dibaliknya. Kebanyakan orang takut untuk speak up karena takut mendapat kirtikan, cemoohan dan akan dipermalukan. 

Setalah kita membahas faktor yang membuat seseorang takut untuk speak up. Apakah speak up itu perlu? Apa dampak yang ditimbulkan dari speak up? 

Kemampuan bicara semua orang didepan umum memang tidak sama, memang tidak mudah namun sangat perlu. Mari kita lihat dari sebuah contoh kasus, ketika ada spatu oknum yang mendapat perlakuan diskriminasi dan intimidasi. Jika korban tidak berani untuk speak up, maka apa yang akan terjadi? Tentu tidak akan ada efek jera yang dirasakan oleh si pelaku. 

Banyak orang yang salah dalam mengartikan orang yang berani untuk speak up, menganggap speak up adalah ajang untuk mencari pembelaan, perhatian didepan umum. Berani speak up tidak selalu membawa hal negatif, memberi pendapat dan menyampaikan inspirasi membawa ketenangan tersendiri bagi diri setiap orang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline