Lihat ke Halaman Asli

PUJA APRIANI

Seorang Mahasiswi

Dampak dan Pemanfaatan IT di Masa Pandemi dalam Berbagai Aspek Pendidikan, Ekonomi dan Pemerintahan

Diperbarui: 6 Juni 2021   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hai teman-teman..
Ini adalah artikel pertama ku.. disini aku membahas tentang Dampak dan Pemanfaatan IT di Masa Pandemi dalam Berbagai Aspek Pendidikan, Ekonomi dan Pemerintahan.

---------------------------------------

Masa pandemi covid-19 yang di mulai dari tahun 2020 sangat membuat kita cukup khawatir dengan kehidupan nanti nya bagaimana. Dimana kita diharuskan untuk dirumah, kecuali untuk yang bekerja namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Semanjak pandemi, semua berubah, mulai dari kegiatan masing-masing, ekonomi dan pendidikan. Namun kita semua harus tetap semangat menghadapi dan menjalani masa ini, sama-sama berdo'a agar pandemi cepat berlalu.  

Pada Masa Pandemi semua kegiatan dan kebiasaan berubah. Di mulai dari ekonomi yang menurun, dan pendidikan pun tidak diperbolehkan tatap muka melainkan harus daring. Nah disini lah pemanfaatan IT berguna untuk kalangan-kalangan yang menggunakan teknologi untuk kerja/sekolah. Dimana dengan Teknologi yang terbilang sangat canggih di jaman globalisasi ini, kita bisa belajar melalui hp,laptop, dll. Dengan menggunakan berbagai aplikasi. Ada aplikasi video agar bisa saling melihat teman dan pengajar. Mulai dari zoom, Google meet,dll.. kemudian mengumpul kan tugas melalui aplikasi Google Classroom.

Berlanjut dampak pandemi pada ekonomi masyarakat. Dimana semenjak pandemi kita ketahui bahwa ekonomi mulai sulit dan menurun akibat banyak nya toko yang ditutup, pengunjung yang dibatasi. Membuat para pekerja maupun pengusaha kesulitan.

 Dimana banyak pekerja yang harus di PHK, dan banyak pengusaha yang gulung tikar akibat sedikit nya pengunjung yang membuat pemasukan pun semakin berkurang. Disini lah IT sangat berguna.. dimana dengan teknologi canggih kita bisa memanfaatkan Hp/laptop untuk membuat bisnis online, dimana kita bisa menjajakan barang,makanan,dll di facebook, instagram,atau membuat website sendiri. Agar walaupun kita dirumah namun tetap produktif. Tetap ada penghasilan.

Dalam pandemi ini, Pemerintah juga mendorong pengembangan telemedis sebagai solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19, yang menjadi salah satu agenda dalam percepatan transformasi digital. Satgas penanganan Covid-19 juga memanfaatkan transformasi digital dalam menangani pandemi ini. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi digital. Aplikasi bernama Sistem Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Monitoring Perubahan Perilaku ini menghasilkan data real time, terintegrasi, sistematis, dengan melibatkan koordinasi antar dan lintas sektor. Transformasi digital pemerintahan juga berperan untuk mendukung proses koordinasi dan sinergi yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah untuk menghadirkan kebijakan yang berbasis bukti dan tepat sasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline