Lihat ke Halaman Asli

Dimana Keadilan untuk Mereka?

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dimana keadilan untuk mereka? Pertanyaan ini dilontarkan karena terfokus pada suatu hal, yaitu Masih Tertiggalnya Pendidikan di Pelosok Daerah. Ya, masalah pendidikan masih menjadi fokus utama dan syarat utama untuk menilai apakah pembangunan nasional berjalan baik. Pendidikan di Indonesia sudah sangat berkembang. Dimana banyak gedung sekolah yang sudah modern dengan fasilitas yang serba lengkap. Namun, itu hanya terjadi di Kota-Kota besar di Indonesia, bagaimana dengan keadaan pendidikan di Pelosok Daerah? Banyak dari mereka harus berjuang demi mendapatkan ilmu dari guru-guru mereka. Tak sedikit dari mereka yang berjuang dengan melewati hutan berkilo-kilo jauhnya, ada juga yang harus menyebrangi jembatan yang sudah rapuh, bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela tanpa menggunakan alas kaki menuju sekolah mereka.

Pentingnya pendidikan memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Tanpa adanya kualitas pendidikan yang baik, maka tidak akan ada pula Sumber Daya Manusia yang lahir. Pendidikan adalah faktor utama darimana Suatu Negara dapat dinilai Maju, Berkembang ataupun Tertinggal. Maka dari itu, Pemerintah menaruh perhatian yang amat besar terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Mulai dari diberlakukannya wajib belajar 12 tahun, pembebasan biaya pendidikan sampai jaminan beasiswa hingga sarjana bagi individu yang berprestasi dan butuh bantuan. Pemerintah telah berusaha memberikan yang terbaik bagi rakyatnya, tapi apakah Kebijakan ini dikatakan merata? Tidak, dapat kita lihat secara nyata jika perkembangan pendidikan di Indonesia hanya terjadi di Kota-Kota besar dan tidak terjamah hingga daerah pelosok. Sangat sedikit sekali terlihat ada pembangunan untuk gedung-gedung sekolah di daerah pelosok. Mereka masih harus berjuang mati-matian demi mendapatkan ilmu dari pengajar mereka. Dimana peran pemerintah?

Sebaiknya, pemerintah lebih menitik beratkan fokus Pembangunan Pendidikan pada daerah pelosok. Pemerintah juga harus lebih memerhatikan perjuangan para siswa di daerah pelosok dalam menimba ilmu. Perbaikan dari segi Infrastruktur dan sarana prasarana harus menjadi fokus utama bagi Pemerintah. Dan yang tidak bisa dilupakan adalah permasalahan transportasi saat mereka menuju ke sekolahnya. Banyak jembatan yang mesti mereka lalui terlihat rapuh, mereka masih harus menyebrangi sungai hingga mereka terus melepas dan memakai sepatu mereka secara bergantian. Jarak dan perjalanan menuju tempat belajar mereka juga wajib diperhatikan bagi Pemerintah demi terciptanya Pembangunan Nasional yang baik.

Besar harapan kami terhadap pemerintah agar lebih memerhatikan kualitas pendidikan di daerah pelosok. Kebijakan pemerintah belum terlihat baik jika tidak ada pemerataan terhadap kebijakan tersebut. Pendidikan di Kota-Kota besar semakin hari semakin baik dan semakin lengkap fasilitasnya. Namun, di daerah pelosok semakin hari mereka harus belajar sambil khawatir akan tertimpa bangunan yang mulai rapuh karna tak pernah ada renovasi. Semoga pendidikan di Indonesia dapat setara baik yang di Kota maupun yang di pelosok daerah.

http://medanbisnisdaily.com/news/read/2012/12/18/2412/problema_pendidikan_pelosok_daerah/#.U_tMD2O4Fqg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline