ARTIKEL
Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Menggunakan model Problem besed lerning (PBL)
SMP NGERI 1 DORO
30 Agustus 2022 & 13 September 2022
PUGUH MARDIYANTO, S.Pd
Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn)
UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
PPG DALAM JABATAN KATEGORI 1 2022
Situasi
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu:
- Kesulitan peserta didik mencerna meteri pelajaran
- Kurangnya minat siswa dalam dalam proses pembelajaran
- Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan diskusi
- Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi
Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dalam proses pembelajaran yaitu:
- Dalam pembelajaran juga menggunakan TPACK dengan menggunakan media power point interaktif yang berupa video dan gambar menarik serta menggunakan google form dalam LKPD
- Dalam pembelajaran sudah menggunakan pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton menggunakan metode ceramah tetapi adanya model PBL dimana siswa mampu melakukan diskusi kelompok, presentasi serta tanya jawab dengan peserta didik lain
- Dalam pembelajaran sudah ada HOTS yakni dapat dilihat dari peserta didik menganalisis permasalah
- Guru telah mampu menyusun bahan ajar, LKPD
- Peserta didik yang telah mampu menganalisis permasalahan dari permasalahan yang dimunculkan
- Peserta didik mampu berpikir kritis dalam diskusi memecahkan masalah tentang pelanggaran nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik ini yaitu:
- Mengunggah perangkat pembelajaran PPL Siklus aksi ke 1 dan ke 2 di LMS.
- Melaksanakan PPL Siklus Aksi Ke 1 dan ke 2 berdasarkan perangkat pembelajaran ke 1 dan ke2
- Mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL Siklus Aksi ke1 dan ke2.
- Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS.
- Mengunggah video yang sudah di edit durasi 15 menit pada LMS.
- Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tantangan
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu:
- Kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan
- kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok
- Kurang maksimalnya dan belum terbiasanya penggunaan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran