Lima mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University berhasil menciptakan inovasi puzzle multifungsi sebagai media pengenalan destinasi wisata "10 Bali Baru" kepada anak-anak.
Kelima mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University ini adalah Aulia Nabil, Lutfi Septiya, Manar Harahap, Shafira Armadanti, dan Vitri Puspita. Mereka adalah penerima pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia.
Produk PKM Bidang Kewirausahaan yang mereka buat adalah puzzle. Berawal dari ketertarikan mereka dengan keindahan alam di Indonesia, serta keinginan untuk mendukung program pemerintah yaitu pengenalan wisata 10 Bali Baru. Selain memiliki keindahan alam yang mengagumkan, sektor pariwisata juga merupakan penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah menggalakkan program 10 Bali Baru. Hal ini bertujuan agar kesepuluh wisata tersebut bisa menyamai popularitas pulau Bali sebagai destinasi kunjungan. Wisata 10 Bali Baru tersebut diantaranya adalah Candi Borobudur, Tanjung Kelayang, Gunung Bromo, Labuan Bajo, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Mandalika, Wakatobi, Tanjung Lesung, dan Pulau Morotai.
Puzzle dengan nama PUBARU ini merupakan puzzle multifungsi. Dilengkapi dengan whiteboard dan spidol, puzzle ini dapat menjadi media tulis untuk mendukung daya imajinasi pada anak. Tidak hanya itu, puzzle karya mahasiswi sekolah vokasi ini dilengkapi dengan fitur QR code yang berisi video pengenalan wisata Bali Baru di Indonesia serta pengenalan budaya di daerah tersebut. Dengan adanya sub tittle Bahasa Inggris, video tersebut dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar bahasa asing.
Untuk saat ini, PUBARU masih tersedia dalam satu edisi yaitu Candi Borobudur dan akan segera merilis edisi selanjutnya. Produk PUBARU ini sudah diperjual belikan melalui media sosial dan e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia. Pembelian dapat dilakukan dengan mengakses tautan https://linktr.ee/pubaru.id. Detail informasi mengenai PUBARU juga dapat diakses melalui instagram (Pubaru.id), tiktok (pubaru), twitter (pubaru_id), facebook (Pubaruid). Dalam memaksimalkan penggunaan produk tersebut, PUBARU telah bekerja sama dengan Karang Taruna Kelapa Nunggal dalam rangka memperingati HUT RI. Selain itu, PUBARU juga telah memiliki reseller di SDN 13 Wai Ratai Lampung.
Harapan dari adanya produk PUBARU tersebut adalah dapat meningkatkan minat para wisatawan untuk mendatangi kesepuluh Bali Baru, serta menjadi permainan edukatif yang dapat mengurangi intensitas anak dalam bermain game.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H