Lihat ke Halaman Asli

Kolak Menu Andalan Buka Puasa

Diperbarui: 11 April 2024   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Bulan suci ramadhan yang penuh barokah ini orang-orang melakukan ibadah puasa dimana     puasa itu menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu. Dibulan puasa banyak ibadah yang banyak pahala salah satunya membagikan takjil kepada orang yang berpuasa tidak hanya itu banyak ibadah-badah lainya seperti tadarus al-qur'an, qiyamul laily dan masih banyak lagi. Bulan puasa waktu yang ditunggu-tunggu yaitu saat buka puasa dimana orang-orang membuat menu buka puasa atau membeli makanan diluar.

Banyak makanan favorit atau khas saat buka puasa salah satunya es buah, gorengan, kurma dan masih banyak lagi. Kolak menjadi salah satu takjil yang wajib sebagai pembuka saat buka puasa karena kolak berasal dari tradisi masyarakat Jawa yang suka menyantap hidangan manis saat berbuka puasa. Ada pula yang mengatakan bahwa kolak dibawa oleh para penyebar agama Islam di Indonesia. Kolak digunakan sebagai media dakwah karena bahan-bahannya mudah ditemukan di mana saja dan kolak memiliki makna filosofis yang mendalam. Kolak dianggap sebagai hidangan yang mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu kolak pisang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

 Gula merah yang mengandung zat besi dal kalsium untuk menjaga Kesehatan tulang lalu pisang yang kaya akan serat dan kalsium yang bagus untuk pencernaan dan Kesehatan jantung. Cara membuat kolak pisang yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang harus kita siapkan yaitu:

- 8 buah pisang kepok matang.

- 280 gr singkong atau ubu jalar (bisa dipakai atau tidak)

- 1 saset santan kara (65 ml).

- 1 lbr daun pandan.

- 150 gr gula merah, sisir atau potong-potong lebih kecil biar cepat larut.

- 1 sendok makan gula pasir.

- 1 liter air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline