- Definisi Produk Beserta Fungsi dan Gambar
Produk Catenize merupakan produk car seat organizer yaitu tempat serbaguna untuk menaruh berbagai barang yang kita miliki sehingga memudahkan aktivitas kita di dalam mobil. Produk Catenize memiliki berbagai fitur seperti adanya tempat botol minum juga tempat cooler untuk botol minum yang memiliki ketahanan suhu selam 3-4 jam.
Selain itu terdapat tempat untuk memudahkan penggunaan laptop selama perjalanan di mobil yang juga dapat dijadikan sebagai meja tempat makan. Produk Catenize juga memiliki beberapa pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan warna jok dari sang pembeli.
B. Pengembangan atau Penambahan Bisnis Catenize
- Pengembangan atau Penambahan Varian produk
Terkait dengan pengembangan atau penambahan varian produk, kami tidak akan menambah varian produk dengan menambahkan varian produk dengan desain produk yang berbeda atau bentuk produk yang berbeda. Sehingga, kami berencana akan menambahkan varian produk dari sisi variasi warna produk. Pada awalnya, kami memiliki beberapa varian warna yaitu hitam, abu-abu, dan cream. Tetapi, setelah melihat banyaknya pembeli yang menginginkan variasi warna yang lebih banyak seperti warna merah dan ungu pada saat pameran dilaksanakan di Balairung Universitas Indonesia, maka kami juga menerima pemesanan produk dengan berbagai pilihan warna seperti hitam, abu-abu, cream, mocca, cokelat tua, oranye, kuning, ungu, merah, biru tua, dan merah jambu.
Begitupun pada saat pameran dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, dimana pada saat pelaksanaan kami menyediakan produk dengan beberapa pilihan warna seperti mocca, abu-abu, hitam, dan cream, ternyata ada juga beberapa pembeli yang menginginkan pilihan warna lain, karena mereka ingin menyesuaikan warna produk Catenize dengan warna jok pada mobil yang mereka miliki.
Melihat hal ini, kami berencana untuk menambahkan varian warna yang bisa mencakup keinginan pelanggan. Selain itu, penambahan varian warna juga akan mempertimbangkan warna-warna pada jok mobil yang biasanya digunakan oleh masyarakat karena produk Catenize memang diletakkan pada jok dalam mobil sehingga penyesuaian warna juga bergantung pada warna jok mobil yang digunakan. Untuk implementasinya, sebelumnya kami akan melakukan survei terkait warna-warna pada jok mobil yang biasanya digunakan. Selain melakukan browsing di internet, kami juga akan melakukan survei langsung ke tempat-tempat penjualan jok mobil. Kami juga akan melakukan penyebaran kuesioner secara online terkait varian warna yang dinginkan atau diminati untuk produk Catenize, kuesioner juga akan ditujukan kepada pelanggan kami yang juga sudah membeli produk Catenize yang masukannya dapat berguna dalam pemilihan variasi warna produk yang akan ditambahkan terkait pengembangan varian produk.
- Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan
Produk Catenize memiliki segmen pelanggan dimana targetnya yaitu orang yang memiliki mobil juga bagi keluarga yang sering bepergian menggunakan mobil. Sedangkan untuk jenis segmen pelanggannya, yaitu mass market yang berfokus pada kebutuhan dan masalah yang sebagian besar sama. Masalah dalam hal ini yaitu masalah kerapian barang-barang yang dimiliki yang terdapat di dalam mobil dan melakukan aktivitas dalam mobil.
Terkait dengan pengembangan dan penyesuaian segmen pelanggan, kami tetap menggunakan jenis pelanggan yaitu mass market sedangkan untuk target yang kami sasar tetap dengan target yang ada dengan penambahan target seperti untuk pebisnis yang memang membutuhkan keefisienan dalam melakukan ativitasnya, yang juga memang sering menggunakan mobil. Sehingga dalam melakukan aktivitas seperti penggunaan laptop terkadang menjadi kendala selama perjalanan di mobil. Maka, kami melihat masalah itu sebagai peluang untuk menambah target kami sebagai segmen pelanggan.
Selain itu, kami juga melakukan penambahan fitur produk untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Karena dengan adanya penambahan target pelanggan seperti pebisnis maka kami juga akan melakukan penambahan fitur produk Catenize sesuai dengan kebutuhan target pelanggan tersebut. Seperti dengan penambahan fitur tempat handphone yang akan ditambahkan jumlahnya, juga tempat untuk mengatur dokumen-dokumen atau paper organizer. Untuk implementasinya, kami juga akan melakukan penyebaran kuisioner secara online yang ditujukan bagi pebisnis atau orang yang membutuhkan keefisienan dalam pengaturan waktu yang juga menggunakan mobil terkait dengan fitur apa saja yang ditambahkan untuk produk Catenize.
- Penyesuaian Value Proposition
Value proposition yang kami tawarkan, awalnya terdiri atas 6 macam yaitu convenience, design, risk reduction, cost reduction, price, dan multifungsi. Kemudian pada saat direalisasikan dengan hasil produk yang sudah terjual sebanyak 21, maka hanya beberapa value proposition yang dirasakan oleh para pelanggan. Value proposition yang dirasakan oleh para pelanggan hanya terdiri atas convenience, design, risk reduction, cost reduction, dan multifungsi. Lalu untuk satu value proposition yang kami tawarkan yaitu price tidak teralisasi. Alasan dari ketidak realisasian tersebut didasari oleh, pertama, untuk value proposition price, para pelanggan menyatakan kalau harga yang ditawarkan terbilang mahal. Jadi price ini dikatakan tidak efektif karena terbilang tidak dapat memiliki harga yang lebih murah daripada pesaing.