Siapa di antara kalian yang sedang menjalani perkuliahan sambil bekerja?
Tentunya, di samping merasa bangga dan terlihat keren, ternyata ada banyak sekali kendala dan tantangan yang perlu dihadapi oleh para mahasiswa "kelas karyawan" ini lho. Dimulai dari hal yang paling umum, seperti ketidakmampuan diri dalam memanajemen waktu antara kuliah dan bekerja, demotivasi, kelelahan baik secara fisik maupun mental, tugas-tugas yang tidak mampu terselesaikan dengan baik, dan sebagainya
Wah.. kebayang kan gimana pusingnya?
Nah, agar kamu dapat menjalani keduanya secara beriringan dan tertata, di tulisan kali ini ada beberapa tips menjalani perkuliahan sambil bekerja dengan baik. Yuk, simak tipsnya di bawah ini:
1. Tentukan Skala Prioritas
Kemampuan yang satu ini emang penting banget nih. Kamu perlu tahu mana aktivitas yang mendesak dan penting dengan aktivitas yang tidak berdampak atau tidak memiliki urgensi sedikitpun. Dengan begitu, kamu juga jadi tahu mana aktivitas atau kegiatan yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang tidak.
Dalam kata lain, mahasiswa kelas karyawan dituntut untuk bisa membagi waktunya. Hal tersebut bisa dimulai dengan membuat dan menyusun daftar rencana kegiatan setiap harinya.
2. Disiplin dalam Mengelola Waktu
Selain menentukan prioritas, kamu juga perlu disiplin agar dapat mengelola waktu dengan baik. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia sehingga tugas-tugas dan rencana kegiatan yang sudah disusun tidak bisa dikerjakan sesuai target.
Membiarkan rasa malas dan menumpuk pekerjaan akan menyebabkan jadwal yang telah disusun menjadi berantakan dan membuatmu tidak produktif. Oleh sebab itu, agar tugas dan rencana kegiatan dapat berjalan dengan baik kamu perlu menghilangkan rasa malas dan menghindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.