Lihat ke Halaman Asli

Jual Thrift di Pasar Kranggan Jogja, Worth it?

Diperbarui: 4 Januari 2024   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana saat normal

Pasar Kranggan Yogyakarta yang terkenal sebagai pasar untuk berjualan aneka sayuran dan banyak terdapat pedagang makanan. Namun siapa sangka bawa di Pasar Kranggan juga banyak penjual baju bekas layak pakai. Rata-rata yang berjualan adalah mahasiswa di hari Sabtu dan Minggu Pagi.

Berniat jualan, terkadang pembeli yang mayoritas ibu-ibu justru merusak barang yang akan dijual karena berebutan dengan pembeli lainnya. Selain itu, penawaran yang diajukan ibu-ibu juga tidaklah masuk akal bahkan di luar nalar. Padahal niat berjualan adalah mencari keuntungan, namun apalah daya tidak satu atau dua barang yang menjadi bahan tarik menarik yang berakhir dijual sangat murah.

"Sebenarnya sangat worth it berjualan di Kranggan, tapi ya gitu, pembelinya suka di luar nalar." Ujar Ridho, salah satu penjual barang awul-awul. Ridho menambahkan, para pembeli selalu mencari letak kesalahan dari barang yang dijual atau trik jitunya adalah mereka berkata sesama penjual supaya diturunkan harganya.

Sebagai pembeli, sebaiknya juga bijak dalam menjaga berang penjual agar tidak menimbulkan kerugian. Mendahului etika jauh lebih baik daripada berjualan dengan curang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline