Lihat ke Halaman Asli

PSP Watch

Kalo kagak mampu mendirikan perusahaan, terus kenapa saham orang lain lu jual-jualin?

MTEL - Easy Business - Easy Life - Easy Money

Diperbarui: 17 Mei 2022   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SUMBER : independentreport.blogspot.com

Bisnis itu harus simple, sesimpel-simplenya. Bila perlu tak pakai modal. Itulah yang diterapkan oleh MTEL. Paling tidak, itulah yang terbaca sampai dengan tanggal 31 Maret 2022.

Sepanjang 3 bulan pertama tahun 2022, uang kas yang dibayarkan untuk keperluan Operasional = Pembayaran kas untuk beban usaha + Pembayaran pajak + pembayaran Lain-lain neto = Rp. 597,2 miliar.

Uang sebanyak tersebut, tidak perlu pakai uang kas internal. Sumbernya dari "crazy rich" pelanggan yang berani belanja dari MTEL, bayar dimuka. Jumlahnya = Pendapatan diterima di muka pihak berelasi akhir - Pendapatan diterima di muka pihak berelasi awal = Rp. 1,38 triliun.

Easy money, easy business. Jadi tidak heran kalau bayar utang bank jangka panjang jatuh tempo (bersih) sebesar Rp. 2,36 triliun cukup dengan merem saja. Akibatnya DER emiten ini cuman 68,5%. Bandingakn dengan TOWR DER = 446,9%, atau TBIG DER = 346%.

Apalagi kalau intip saldo KAS MTEL yang masih segunung Rp. 18,6 triliun.......... The real Easy money bukan money laundry.

[Sumber LK MTEL q1-2022]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline