Lihat ke Halaman Asli

Dokter Andri Psikiater

TERVERIFIKASI

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Klinik Psikosomatik untuk Masa Depan

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14112728961170759005

Klinik Psikosomatik Untuk Masa Depan

Oleh : dr.Andri,SpKJ,FAPM (Psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera)

Tanggal 1 Oktober 2014 Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera akan genap berusia 6 tahun. Berdiri pada tahun 2008 pembuatan Klinik Psikosomatik ini bertujuan untuk melayani pasien-pasien dengan keluhan psikosomatik, suatu kondisi terkait gangguan kejiwaan yang manifestasi gejalanya lebih mengarah ke gangguan fisik. Kasus-kasus psikosomatik selama ini tidak tertangani dengan baik oleh para praktisi kesehatan. Kondisi fisik objektif yang tidak ada membuat para dokter yang bertemu dengan pasien psikosomatik merasa keluhan pasien hanyalah berasal dari “pikiran stres” saja. Padahal ketika ditanyakan lebih jauh banyak masalah psikosomatik tidak secara langsung berkaitan dengan stres yang sifatnya akut dan diketahui oleh pasien. Itulah yang mendorong berdirinya Klinik Psikosomatik yang dikhususkan menangani kasus-kasus seperti ini.

Seperti yang telah saya sering uraikan pada artikel-artikel saya terkait psikosomatik, masalah psikosomatik sering kali terkait dengan gangguan jiwa seperti gangguan depresi dan gangguan kecemasan. Masalah psikosomatik tidak terbatas hanya menyembuhkan keluhan fisik yang dikeluhkan pasien tetapi juga harus melakukan terapi untuk masalah dasarnya. Di sinilah peran psikiater mendapatkan tempatnya yang luas. Latar belakang pendidikan dokter dan kedokteran jiwa membuat psikiater adalah dokter yang paling pas menangani kasus-kasus psikosomatik.

Sejak tahun 2008 dibentuk, Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera terus mengalami kenaikan jumlah pasien yang berkunjung setiap bulannya. Pada awal 2014 kemarin peraturan pembatasan pasien untuk praktek sore dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk tetap bisa melayani pasien dengan baik. Pasien pun banyak berdatangan bukan hanya dari sekitar Jabodetabek tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya dari pulau Jawa, tetapi juga dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan pelayanan kesehatan jiwa khususnya di bidang psikosomatik sangat dibutuhkan. Pasien Indonesia yang tinggal di luar negeri seperti Malaysia, Australia dan Tiongkok juga pernah datang ke Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera untuk berobat.

Selain memberikan pelayanan medis, sejak tahun 2012 setiap ulang tahun Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera diadakan Update Psychosomatic Medicine Seminar untuk para praktisi kesehatan yang tahun 2014 ini memasuki penyelenggaraannya yang ke-3. Berbagai macam tema terkait psikosomatik diberikan dalam seminar ber-SKP IDI ini. Tahun 2014 ini topik INSOMNIA akan menjadi topik yang akan dibicarakan dan didiskusikan dengan teman-teman sejawat dokter yang berminat.

Saya secara pribadi juga tahun ini pada Ultah Klinik Psikosomatik akan meluncurkan website www.psikosomatik.net yang ditujukan untuk para praktisi kesehatan. Tujuan website ini adalah sebagai portal informasi terkait psikosomatik medis. Website ini akan berisi link journal, artikel awam, artikel di dalam jurnal, link organisasi psikosomatik dunia, kegiatan psikosomatik dan masih banyak hal menarik lainnya. Website ini diharapkan menjadi sumber informasi yang mudah diakses oleh para pengguna internet untuk mendapatkan informasi psikosomatik medis terpercaya.

Saya berharap apa yang telah kami lakukan di Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera dan yang secara pribadi saya lakukan sendiri demi perkembangan psikosomatik medis di Indonesia dapat bermanfaat untuk semuanya. Salam Sehat Jiwa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline