Lihat ke Halaman Asli

Proneur Business Incubator

Business Incubator

5 Indikator Utama Penilaian Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024

Diperbarui: 22 Mei 2024   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proneur Business Incubator

Pekanbaru, 22 Mei 2024 -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Tahun ini, ADWI mengusung tema "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia" dengan fokus pada pengembangan desa wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dalam ADWI 2024, terdapat 5 indikator utama yang digunakan untuk menilai desa wisata, yaitu:

1. Daya Tarik Wisata

Indikator ini menilai potensi utama desa wisata yang memiliki keunikan, keautentikan, dan kreativitas. Hal ini meliputi produk wisata (wisata alam, buatan, budaya) dan produk ekonomi kreatif (kriya, kuliner, fesyen).

2. Amenitas

Indikator ini menilai kesiapan fasilitas dan pelayanan yang tersedia di desa wisata, seperti homestay, akomodasi, transportasi, toilet, dan aksesibilitas.

3. Digital

Indikator ini menilai pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan desa wisata, seperti website, media sosial, aplikasi pemesanan, dan sistem pembayaran online.

4. SDM dan Kelembagaan

Indikator ini menilai kualitas sumber daya manusia dan kelembagaan di desa wisata, seperti ketersediaan SDM yang terampil, struktur organisasi yang jelas, dan program pengembangan SDM.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline