Lihat ke Halaman Asli

project impian

Jurnalis Muda Penuh Cita

Tips Menjadi Generasi Produktif Anti-Rebahan

Diperbarui: 21 Februari 2020   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Apa sih yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata "Rebahan"? Mungkin diantaranya ada yang berpikir tentang tiduran sambil main HP, ngemil sambil nonton drakor, main tik-tok dan lain sebagainya.

Semua pemikiran itu tidaklah salah, karena sejatinya rebahan adalah waktu kita untuk beristirahat dari segala masalah hidup yang menempa. Namun, lain halnya jika sebagian besar waktumu digunakan untuk rebahan. Bukannya memberi badan dan pikiran untuk beristirahat, tapi malah membuat hidupmu bermasalah. Padahal dengan semua fitur yang ada seperti internet, youtube, Instagram, dan twitter sudah cukup untuk membuat harimu menjadi lebih produktif dan kreatif.

Pada tulisan kali ini penulis akan memaparkan beberapa tips yang bisa dijadikan solusi agar aktivitasmu menjadi lebih produktif dan anti rebahan, tentunya perlu diikuti dengan kemauan dari diri sendiri ya. Hehe..

  • Berani mencoba dan mengambil risiko

Mencoba hal baru, itulah yang pertama kali harus teman-teman lakukan untuk bisa keluar dari zona rebahan. Penulis tahu bahwa mencoba hal baru tidaklah mudah karena ada risiko di belakang hal baru tersebut dan penulis cukup yakin kata "Risiko" itulah yang membuat teman-teman  sulit keluar dari zona rebahan. Teman-teman harus tahu bahwa di setiap kegiatan apalagi mencoba hal baru pasti akan selalu ada risiko, bahkan tidak melakukan kegiatan pun (Baca:rebahan) risiko tetap akan mengiringi, dan risiko terdekat dari rebahan adalah berkurangnya kesehatan badan dan berkurangnya kemampuan otak. Oleh karena itu, jangan pernah menolak risiko, yakinilah bahwa disetiap kegiatan positif akan datang pula risiko yang positif.

  • Sering ikut seminar dan organisasi

Pernah gak sih kamu ikut seminar? Jika pernah, lanjutkanlah kebiasaan itu karena banyak ilmu baru dan motivasi di dalamnya. Bagi kamu yang belum pernah mengikutinya, cobalah untuk bergabung. Sebab, seminar merupakan ajang untuk memperoleh ilmu dengan bahasan topik yang khusus dan terfokus. Contohnya seminar kewirausahaan, pendidikan, motivasi, dan lain sebagainya.

Apakah seminar itu berbayar? jawabannya adalah iya, kebanyakan seminar memang mengharuskan pesertanya untuk membayar tiket atau registrasi, biasanya jika pembicara adalah orang terkenal atau ahli di bidangnya maka semakin mahal pula biaya tiket yang di  tetapkan oleh penyelenggara. Namun, jangan pernah ragu mengeluarkan kocek untuk hal yang bermanfaat, yakinilah bahwa biaya yang keluar dari kantongmu tidak akan sebanding dengan ilmu dan motivasi yang akan di terima.

Selain ikut seminar, kita juga bisa mencoba untuk masuk organisasi. Organisasi adalah sekumpulan orang dengan tujuan yang sama dan memiliki struktur yang jelas. Organisasi juga bisa disebut sebagai miniatur kehidupan, sebab di dalamnya kita akan merasakan pahit dan manisnya hidup.

Contoh organisasi yang bisa dikuti ialah organisasi kepemudaan seperti karang taruna, atau organisasi sekolah/kampus yang sesuai dengan minat. Penulis juga aktif berorganisasi sejak masa putih abu. Organisasinya beragam, hanya saja penulis tetap setia hingga kini berkiprah di  gerakan pramuka.

  • Fokus dan komitmen

dok. pribadi

Setelah mengetahui kegiatan apa yang akan digeluti, langkah selanjutnya ialah fokus dan komitmen. Fokus artinya kita harus bersungguh-sungguh dalam berkegiatan dan jangan sampai setengah-setengah, karena sesuatu yang dilakukan demikian hasilnya pun akan begitu.

Sedangkan komitmen artinya konsisten dalam menggeluti sesuatu, semakin kamu konsisten terhadap  satu kegiatan, maka semakin cepat pula perubahan yang akan terjadi pada dirimu.

  • Manajemen waktu

dok. pribadi

Selain karena kecerdasannya, masyarakat Jepang juga terkenal perihal ketepatan waktunya. Bahkan banyak sekali cerita mereka yang memotivasi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline