Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu
Adalah pendekatan pembelajaran yang mencakup berbagai konsep dan topik untuk memberikan pengalaman yang terfokus dan bermakna. Pembelajaran tematik terpadu merupakan suatu proses dimana peserta didik berpartisipasi dalam memahami isi pembelajaran
Latar Belakang Pembelajaran Tematik Terpadu
- Permasalahan dan pengalaman belajar siswa yang beragam
- Tuntutan kerjasama yang tinggi dalam menyelesaikan masalah
- Kemudahan dalam perencanaan dan pemahaman
- Efektivitas
- Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran lebih tinggi.
Ciri-Ciri Pembelajaran Tematik Terpadu
- Berpusat pada peserta didik
- Pengalaman langsung
- Perbedaan antar bidang studi tidak kentara (jelas)
- Terdiri dari konsep-konsep berbagai bidang pendidikan
- Fleksibel
- Sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik
Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu
Dari sudut pandang tema
- Tema tidak terlalu luas
- Bermakna
- Sesuai dengan minat peserta didik
- Sesuai dengan kejadian nyata
- Sesuai dengan kurikulum
- Sumber belajar tersedia
Dari sudut PBM
- Guru tidak otoriter
- Tugas dan tanggung jawab guru dalam mengrjakan tugas harus tegas
- Mampu beradaptasi untuk menampung gagasan dan pemahaman siswa
Persyaratan Pembelajaran Tematik Terpadu
- Profesionalan guru
- Penguasaan materi
- Cakrawala pendidikan harus luas
Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
- Menarik perhatian peserta didik pada topik materi yang jelas
- Mengembangkan KD antar mata pelajaran dalam tema dan topi yang sama
- Pemahaman yang lebih mendalam dan efektif
- Memudahkan guru dalam menyiapkan bahan pelajaran yang efektif dan efisien
Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu
- Menghilangkan adanya tumpang tindih materi pelajaran
- Mempermudah hubungan yang bermakna antar subjek
- Pembelajaran menjadi lengkap
- Meningkatkan penguasaan konsep
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H