A. Pengertian Layanan BK
Layanan bimbingan dan konseling di sekolah sangat diperlukan karena setiap siswa dapat dipastikan memiliki masalah, baik masalah pribadi maupun masalah belajar, dan setiap masalah yang dihadapi seorang siswa tentunya berbeda-beda. Undang-Undang Bimbingan dan Konseling "PP No. 28 dan 29 Tahun 1990 dan PP No. 72 Tahun 1991" pada dasarnya menyatakan bahwa konseling adalah membantu peserta didik untuk menemukan kepribadiannya, mengenal lingkungannya dan merencanakan masa depannya.
Secara rinci, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 25/0/1995 mengatakan:
bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu tawaran bantuan kepada peserta didik, baik secara individu maupun kelompok, agar mereka dapat berkembang secara mandiri dan optimal dalam bidang kepribadian, sosial, orientasi studi dan karir melalui berbagai bentuk pendidikan. Layanan dan fungsi pendukung berdasarkan standar yang berlaku.
Layanan Bimbingan dan Konseling adalah upaya Pengawas/Asisten Pengawas yang sistematis, objektif, logis dan berkesinambungan, yang tujuannya adalah untuk memfasilitasi perkembangan para pengawas untuk mencapai kemandirian, seperti kemampuan untuk memahami, menerima, memimpin, mengambil keputusan . bertemu dan menyadari. secara bertanggung jawab untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam hidup mereka.
B. Tujuan Layanan BK
Secara umum, bimbingan dan konseling dirancang untuk membantu personal berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangan dan kecenderungannya (misalnya keterampilan dan kemampuan dasar) dan latar belakang tertentu (misalnya latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial ekonomi). dan sesuai dengan tuntutan positif lingkungan. Tujuan khusus Bimbingan dan Konseling merupakan pengembangan dari tujuan umum tersebut, yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang dihadapi oleh data, tergantung dari kompleksitas permasalahannya.
Tujuan bimbingan dan konseling sekolah, khususnya, agar siswa:
1. mengembangkan potensi dirinya secara optimal;
2. mengatasi kesulitan untuk memahami diri sendiri;
3. mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungannya, yang meliputi lingkungan sekolah, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi dan budaya;
4. Mengatasi kesulitan dalam identifikasi dan penyelesaian masalah;
5. mengatasi kesulitan pendidikan dan profesi dalam menyalurkan bakat, minat, dan keterampilannya;
6. Mendapatkan bantuan yang memadai dari pihak di luar sekolah untuk mengatasi kesulitan yang tidak dapat diselesaikan di sekolah
C. Jenis Layanan Orientasi
1. Layanan Orientasi
Dalam bimbingan dan konseling yaitu pengenalan untuk memahami lingkungan sekolah, kurikulum dan lain-lain yang baru dimasuki siswa, siswa dan lain-lain yang dapat memberikan dampak yang signifikan bagi siswa, peran siswa di daerah dapat memfasilitasi dan mempercepat yang baru ini.
Contoh materi layanan orientasi meliputi:
a. Pengenalan lingkungan dan fasilitas sekolah.
b. aturan di sekolah
c. Kurikulum yang berlangsung di sekolah.
d Peran layanan bimbingan dan konseling untuk mendukung siswa dengan segala macam masalah dan kesulitan
e.dan lain-lain
Tujuan dari layanan orientasi adalah:
1) Untuk mengenalkan siswa pada topik-topik yang berkaitan dengan pembelajaran siswa.
2) Memungkinkan siswa mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
3) Penyesuaian terhadap kegiatan belajar dan kegiatan lain yang dapat mendorong keberhasilan siswa.
4) Memberikan pemahaman kepada siswa tentang kondisi, situasi dan aturan yang berlaku di sekolah.
2. Layanan Informasi
Layanan informasi adalah layanan bimbingan dan penasehatan yang memungkinkan siswa dan pihak lain yang memiliki pengaruh tinggi terhadap siswa (khususnya orang tua) untuk menerima dan memahami informasi (misalnya informasi pendidikan dan karir) yang digunakan sebagai bahan refleksi dan pengambilan keputusan. siswa, anggota keluarga dan masyarakat.
Materi layanan informasi menyangkut:
a. Tugas perkembangan dan perkembangan kepribadian.
b. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi bakat, minat dan pengembangan.
c. Tata Tertib Sekolah, Adat, Adat dan Adat.
d. Nilai-nilai sosial, adat istiadat dan aspirasi yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat.
e. Mata pelajaran dan bidang studi seperti program inti, program khusus dan program tambahan.
f. Sarana penunjang/sumber belajar.
g. Bagaimana mempersiapkan dan belajar di sekolah.
h. dan lain-lain
Tujuan dari layanan informasi adalah untuk memberikan siswa berbagai informasi dan pemahaman tentang berbagai topik, berguna untuk pengetahuan diri, perencanaan dan pengembangan gaya hidup sebagai siswa, anggota keluarga dan masyarakat. Materi untuk peningkatan aktivitas dan pembelajaran, pengembangan cita-cita, pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan Penempatan dan Penyaluran Bimbingan dan Konseling adalah layanan yang memungkinkan mahasiswa menemukan penempatan dan penyaluran yang sesuai (misalnya penempatan/penyaluran ke dalam kelas, kelompok belajar, jurusan atau program sarjana, program pilihan, magang, kegiatan kurikuler/ekstrakurikuler) sesuai dengan potensi penghasilannya . . , keterampilan, minat, dan persyaratan pribadi.
Materi layanan penempatan dan penyaluran yaitu:
a. Penempatan kelas siswa, jurusan/jurusan, dan pilihan ekstrakurikuler yang dapat mendukung pengembangan sikap, kebiasaan, keterampilan, bakat, dan minat.
b. Mediasi dan distribusi kepada kelompok sebaya, kelompok belajar dan organisasi kemahasiswaan serta kegiatan sosial sekolah.
c. Kami membantu dalam program khusus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dan dalam program pengajaran, peningkatan dan pengayaan dan dalam pemilihan perguruan tinggi PMDK, UMPTN.
d. Mengorganisir dan mengarahkan siswa ke dalam kelompok-kelompok yang mendiskusikan pilihan program studi sesuai dengan rencana karir, kelompok pelatihan keterampilan dan kegiatan ekstrakurikuler atau magang yang diselenggarakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan perusahaan/industri.