Bisnis merupakan segala usaha yang dapat dilakukan oleh semua orang baik individu maupun kelompok dengan cara menawarkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis mempunyai banyak manfaat salah satunya dapat membantu perekonomian masyarakat. Untuk menjalankan bisnis agar dapat berkembang, kita harus menerapkan beberapa strategi.
Strategi bisnis adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi dalam bisnis dapat membantu perusahaan dalam mencegah masalah -- masalah ketika menjalankan sebuah bisnis. Untuk menjalankan bisnis, langkah awal yang harus dilakukan yaitu menentukan visi, misi, dan tujuan terlebih dahulu agar usaha lebih jelas arahnya. Kemudian, harus menganalisis kelemahan dan semua sumber daya yang dimiliki agar dapat mengelola bisnis tersebut dengan mudah. Hal yang perlu diterapkan oleh perusahaan yaitu perusahaan harus menjalankan strategi dengan baik. Strategi yang perlu diterapkan yaitu menggunakan strategi bauran pemasaran atau marketing mix.
Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan konsep dari berbagai unsur yang digabungkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep ini diperkenalkan oleh Neil Borden yang dikenal dengan 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Akan tetapi, sekarang sudah berkembang menjadi 7P yang bertambah People (Orang), Process (Proses), dan Physical Evidence (Bukti Fisik).
Hal yang perlu diterapkan dalam bisnis yaitu menerapkan strategi bauran pemasaran atau marketing mix, diantaranya yaitu:
1. Product (Produk)
Produk merupakan hasil dari usaha yang ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk yang dimaksud seperti desain dan kualitasnya. Produk yang dihasilkan dalam bisnis harus berkualitas agar memenuhi keinginan konsumen sehingga dapat menaikkan brand produk tersebut.
2. Price (Harga)
Harga merupakan nilai dari suatu barang atau hasil usaha yang ditawarkan penjual kepada konsumen. Biasanya harga dapat ditawarkan sesuai persetujuan penjual dan konsumen. Dalam menentukan harga kita dapat memberi harga yang tidak terlalu tinggi dengan mengambil laba sedikit, karena perbandingan harga yang lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tertarik. Lebih baik mengambil keuntungan sedikit tetapi memiliki banyak konsumen daripada mengambil keuntungan banyak tetapi usaha tidak laku jual sehingga berisiko mengalami kebangkrutan.
3. Place (Tempat)
Tempat adalah saluran distribusi dari produsen ke konsumen agar produk atau jasa yang dijual dapat sampai ke tangan konsumen. Jika produk tersebut mudah didapatkan, maka distribusi juga semakin mudah sehingga dapat memudahkan proses penjualan. Tempat juga dapat disebut dengan lokasi berjualan. Untuk memilih lokasi membuka usaha sebaiknya memilih lokasi yang strategis atau tempat yang banyak dikunjungi masyarakat karena lebih mudah dalam menjangkau banyak pelanggan.
4. Promotion (Promosi)
Promosi merupakan cara pemasaran yang dilakukan penjual atau perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan menaikkan nama perususahaan. Hal yang dilakukan dalam promosi adalah memperkenalkan dan menjelaskan semua hal mengenai produk yang ditawarkan. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media. Promosi pada era modern yang saat ini sedang naik adalah aplikasi Tiktok. Dengan membuat konten promosi Tiktok yang kreatif akan membuat masyarakat tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Akan tetapi, kita juga harus melakukan promosi ke media lainnya seperti Instagram, Facebook, status pada WhatsApp, membuat brosur untuk dibagikan kepada masyarakat, dan lain sebagainya.
5. People (Orang)
Orang adalah sumber daya manusia dalam perusahaan. Perusahaan pasti membutuhkan sumber daya manusia karena tidak semua aktivitas manusia bisa dijalankan oleh mesin dan mesin bisa beroperasi karena manusia. Orang yang dimaksud yaitu seperti karyawan dan pelanggan. Karyawan sangat berpengaruh dalam proses pelayanan pelanggan karena konsumen menginginkan kenyamanan.