Pemasaran
Pada tahun 1776, Adam Smith yang dikenal sebagai salah satu bapak ekonomi, mengatakan bahwa "konsumsi adalah satu-satunya tujuan dan akhir dari proses produksi". Pernyataan ini menyebabkan pandangan orang terkait produksi langsung berubah. Salah satunya bahwa setiap produk yang diproduksi harus di konsumsi dengan harga yang terjangkau, sehingga perusahaan wajib membuat proses yang efektif dan efisien guna menekan biaya produksi. Yang akhirnya bisa berimbas pada pemenuhan kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau.
Ada beberapa hal yang menyebabkan produk jadi tidak laku dijual di pasar, yaitu (Hendro, 2011):
- Tidak ada pasar yang efektif untuk produk tersebut atau tidak semua konsumen membutuhkan produk tersebut.
- Produk dijual tidak secara tepat untuk memuaskan konsumen .
- Produk tidak kompetitif dalam hal harga, kualitas, kemasan, cara menjual, dan cara menawarkan serta pelayanan purna jualnya.
- Terdapat persaingan yang tidak adil dari pesaing.
- Kelemahan internal perusahaan seperti biaya yang terlalu tinggi, produktivitas rendah, mutu produk dan sistem pengendalian mutu kurang bagung, cara menyambut konsumen yang buruk, kurangnya sumber daya manusia.
SKEMA KONSEP PRODUK
1
2
3
4
Keterangan
- Komunikasi
- Menawarkan barang atau jasa'
- Transaksi
- Informasi
- Pada skema diatas dapat dijelaskan bahwa, tujuan dari produsen adalah melakukan transaksi atau penjualan. Namun sebelumnya,produsen harus melakukan komunikasi dengan pasar,tentang barang/jasa yang akan ditawarkan. Proses komunikasi ini menjadi informasi bagi pasar/konsumen sebelum melakukan pembelian atau transaksi. Setelah informasi atau transaksi ini terjadi, produsen bisa menawarkan barang sesuai dengan permintaan pasar. Baru kemudian terjadi transaksi/penjualan.