Lihat ke Halaman Asli

prisma susila

Semoga menghibur

Tarjo Berpengamatan

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setelah tarjo berkumpul dan mendapat ilmu dari kelompok yang telah memberikan dia ilmu, dia sekarang mencoba untuk memnyibukakan diri dengan melakukan pengamatan dan penelitian. Dari sini mencoba penelitian dengan memulai memilih topik. Namun ketika dia memili dia sangat kebinggungan dengan apa yang akan dia jadikan untuk topik atau suatu masalah yang akan dia amati. Setelah dia berfikir dengan keras, dia pun memutuskan pengalaman yng pernah dalam keadaan terputuk tanpa pendidikan, dia ingin mengetahui apa yang membuat dia menjadi seorang yang tidak peduli dengan pendidikan. Dari sini dia menggambil, faktor-faktor apa yang membuat dia sangat tidak peduli dengan pendidikan. Setelah dia mempersempit masalah dia pun, memulai mencari informasi dengan menijau bahan baku pustaka, disini dia melakukannya dengan banyak membaca buku tentang masalah anak- anak yang hidup lingkungan kumuh dan kurang mengerti tentang pentingnya pendidikan.

Setelah cukup matang dengan daftar bahan pustaka, tarjo melakukan merumuskan hipotensi yang tujuannya memprediksi hubungan antara variabel, dia mengambila variabel faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan di wilayah kumuh dibandingkan dengan tingkat pendidikan di wilayah elit. Dari masalah yang ada dan variabel yang ada tarjo, memilih metode penelitian dengan metode memilih semple-semple yang ada di wilayah kumuh dan wilayah elit. Sempel ini digunakan tarjo sebagai objek, dan dari objek ini tarjo mulai mencari data dari para semple yang digalinya dari berbagai pertanyaan, seperti apa yang mendorong kamu untuk sekolah? Apa yang menghambat kamu sekolah? Menurut kamu penting atau tidak sekolah itu tersendiri? Dan banyak yang lain.

Ketika menurut tarjo data yang dia butuhkan telah terpenuhi dan mencukupi, tajo menganalisis hasil, dari sini tarjo mengetahui bahwa yang menjadi faktor keingin untuk sekolah di pemukiman kumuh dan elit itu adalah lingkungan. Hasil ini pun digunakan tarjo untuk, merangsang ide penelitannyan yang digunakan untuk mencari solusi- solusi dari masalah tersebut sehingga tarjo dapat mengembangkan hipotensi atau mengatur variabel atau objek agar menuai solusi yang baik dan tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline