David Allen Kolb adalah seorang ahli teori pendidikan Amerika beraliran Humanistik yang terlahir di Moline, Illinois pada tahun 1939.
Pada awal tahun 1970an Kolb menemukan Kolb's Learning Cycle aka Experiential Learning Cycle yang berfokus pada pembelajaran pengalaman melalui refleksi atau "Hand-on learning". Pada implementasinya Experiential learning merupakan pembelajaran aktif yang berpusat kepada siswa.
Konsep pendidikan tradisional dimana guru berdiri di depan kelas untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa tidak digunakan dalam siklus tersebut. Experiental learning berfokus pada proses pembelajaran tiap individu untuk mengeksplorasi dunia dengan mengadakan penelitian sederhana untuk dapat menemukan pengetahuan baru.
Experiential learning terbagi menjadi 4 elemen
Concrete Experience (CE)
Elemen tersebut menjadi permulaan dari siklus belajar. Pada tahap CE, peserta didik menghadapi situasi atau pengalaman baru melalui indera. Proses pembelajaran dimulai saat individu mengamati, mendengar, atau membaca tentang pengalaman orang lain.
Reflective Observation (RO)
Peserta didik secara aktif merenungkan dan memikirkan pengalaman baru. Peserta didik secara individu meninjau setiap bagian yang ditemuinya, meneliti inkonsistensi yang tampak dan merenungkan hasil pengalaman tersebut.
Abstract Conceptualization (AC)
Peserta didik mencoba memahami poin-poin yang diambil dari fase reflektif sehingga menghasilkan prinsip yang abstrak yang dapat diterapkan pada situasi masa depan. Pada tahapan tersebut berfokus pada penarikan kesimpulan, pembelajaran pelajaran berdasarkan pengalaman.
Active Experimentation (AE)