Lihat ke Halaman Asli

Priscilla Nethania

An undergraduate student

Nilai Moral dan Ilmu Pengetahuan, Kini Menjadi Senjata Ampuh Menghadapi Globalisasi

Diperbarui: 26 Oktober 2020   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget (dokumentasi pribadi)

Sadarkah kamu bahwa gadget yang sedang kamu gunakan saat ini merupakan salah satu hasil dari globalisasi? Namun, perlu diketahui apa sebenarnya arti dibalik istilah yang mungkin sering terdengar di masa modern ini. 

Globalisasi merupakan sebuah fenomena sosial yang terjadi di seluruh dunia dimana didalamnya terjadi perubahan-perubahan pada masyarakat. Perubahan yang terjadi ini terdapat dalam banyak sekali bidang, tidak hanya di bidang teknologi namun di bidang politik, budaya, agama, hingga ekonomi. 

Globalisasi tidak dapat dihindari oleh manusia dimanapun. Ini disebabkan oleh sifatnya yang menyeluruh dan mendunia. Kehadiran globalisasi sebagai fenomena sosial di dunia tidak muncul begitu saja.

Ada beberapa faktor yang mendorong munculnya globalisasi yang kini sudah melekat dalam hidup masyarakat. Di dunia yang kita tinggali saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung dengan sangat cepat. 

Para ilmuwan dan tenaga ahli terus melakukan pengembangan dari hasil penemuan yang nantinya akan berguna untuk mempermudah hidup masyarakat. Jadi, perkembangan teknologi bak kilat yang sangat cepat ini sangat mendorong globalisasi. 

Akibatnya, akses terhadap komunikasi juga menjadi semakin mudah. Akses informasi dan komunikasi yang ada ini turut memperluas kebebasan pers dan media di masyarakat. Akibatnya, muncul media digital yang kini membuat seluruh dunia menjadi terhubung dengan sangat mudah. Perubahan menyeluruh ke arah digital juga merupakan salah satu tanda terjadinya globalisasi.

Tidak hanya dalam hal teknologi, faktor ekonomi juga menjadi pendorong terjadinya globalisasi. Sistem ekonomi yang dianut dunia modern ini lebih terbuka, sehingga kesempatan kerjasama yang dapat dilakukan antar satu negara dengan negara yang lain menjadi semakin besar. 

Perdagangan bebas yang merupakan hasil dari kerjasama ini menjadi tanda sekaligus pendorong globalisasi semakin meluas di dunia. Lembaga internasional juga merupakan contoh lain dari kerjasama yang dilakukan antar negara. 

Lembaga ini berfungsi untuk membantu satu sama lain serta memberikan peluang bagi setiap negara untuk menyelesaikan masalah yang ada bersama-sama. 

Secara tidak langsung, munculnya faktor-faktor ini juga membantu mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya masih sangat tradisional, kini berubah menjadi pola pikir modern dan maju. Tentunya perubahan pola pikir ini tidak terjadi secara instan melainkan dibantu oleh sistem pendidikan dunia yang semakin baik dan maju.

Manusia zaman sekarang kini dapat dengan mudah berpindah daerah maupun negara dengan adanya akses migrasi yang semakin mudah, didukung oleh kemajuan transportasi yang canggih seperti pesawat terbang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline