Lihat ke Halaman Asli

Success Formula Part 1

Diperbarui: 8 November 2015   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada dasarnya formula kesuksesan tiap orang berbeda tergantung cara atau pola pikirnya dan juga lingkungan sekitarnya.  Dalam seminar "Create, Build, Execute Your Destiny" yang diadakan di kampus saya , ada 1 hal yang sangat menarik perhatian saya yaitu formula kesuksesan . Formula kesuksesan ini diberikan oleh pembicara Raechanah Syafei  yang merupakan Independent Consultant HR Gunung Sewu Group. Namun saya menterjemahkan formula ini berdasarkan sudut pandang saya, tentunya saya tetap mempertahankan tujuan utama dari formula ini.

          Mungkin cukup rumit dan terkesan terlalu panjang formula diatas, namun disini saya ingin menguraikan satu per satu komponen dalam rumus tersebut dan arti dari rumus tersebut. Saya berharap paling tidak ada satu komponen yang cukup berkesan bagi pembaca sekalian.

  • Grow : jika diartikan berdasarkan arti sebenarnya grow mengarah pada “ tumbuh, meningkat, atau berkembang “. Secara lebih spesifik grow dalam formula ini merujuk pada “Proses” atau juga “ learn “. Mungkin kita sudah banyak mengetahui dan sudah banyak motivator yang mengatakan bahwa kesuksesan itu adalah sebuah proses – proses untuk belajar. Kesuksesan bukan hanya sekedar hasil akhir yang memuaskan tetapi bagaimana anda mensyukuri proses yang anda jalani karena anda berhasil memetik atau memperoleh pelajaran dari proses tersebut.

Saya ingin sedikit membagi pengalaman pribadi, dulu saya menganggap kesuksesan itu tercapai jika saya memperoleh nilai ulangan yang baik atau saya memperoleh peringkat pertama. Namun setelah saya masuk di perkuliahan pola pikir saya berubah. Saya merasa sukses ketika saya berhasil bertanggung jawab dengan berbagai keputusan yang saya ambi. Saya merasa sukses, saat saya belajar mandiri, saya belajar sabar, bertahan, dan memperbaiki setiap kekurangan dan kesalahan. Mungkin bagi orang lain , kesuksesan dalam arti ini tidak dapat dilihat. Namun bagi saya ketika saya bisa bersyukur untuk semua proses yang saya lewati maka itulah kesuksesan saya. Meskipun tak dapat dipungkiri, setiap orang pasti menginginkan hasil yang terbaik dari semua upaya yang telah dilakukan. Namun saya percaya, saat saya melakukan apa yang saya pilih dengan sebaik-baiknya , hasil akhir yang baik sudah disiapkan oleh Yang Kuasa.

  • Value

Value atau nilai berkaitan erat dengan “ grow “. Nilai hidup kita akan muncul-bertambah-dan semakin kuat seiiring dengan proses kehidupan yang kita lewati. Menurut saya sejatinya nilai hidup seseorang tidak diberikan secara utuh dari sang Pencipta sejak awal. Nilai hidup sesorang ia tentukan sendiri sepanjang perjalanan hidupnya. Oleh sebab itu dikenal istilah   “ Kehidupan adalah Perubahan “. Sesuatu yang berubah adalah hidup. Secara sederhana , kita hidup maka kita berubah dari bayi menjadi anak-anak lalu remaja dan dewasa. Masalahnya apakah perubahan ini diikuti dengan perubahan nilai hidup? Sejatinya menurut saya sampai akhir pun kita tidak bisa menemukan jati diri kita yang sebenarnya. Mengapa? karena kita selalu berubah. Yang pasti adalah bagaimana kita selalu memperbaharui nilai hidup kita dan tetap mengupayakan nilai hidup positif.

            Saya juga ingin sedikit berbagai pengalaman. Saat di bangku kuliah, apalagi saat – sat ini dimana saya memasuki tahun terakhir, banyak hal yang menyita perhatian. Penelitian saya belum bisa berjalan dengan berbagai faktor penyebabnya. Saya menangis dan merasa tertinggal oleh teman-teman saya. Namun suatu saat saya belajar bahwa tidak ada guna saya menangis, lebih baik saya tetap mengupayakan sebisa yang saya lakukan. Terbukti perlahan penelitian saya sedikit demi sedikit menemukan jalan keluar untuk permasalahan yang saya hadapi. Disini saya belajar bagaimana saya harus cepat keluar dari perasaan takut dan gelisah dan menggantinya menjadi energi untuk tetap berusaha. Inilah nilai hidup yang saya ambil “ tetap berupaya- dan berserah pada yang Maha Mengatur segalanya”. Saya percaya nilai hidup ini akan sangat berguna ke depannya. Saya sadar tantangan ke depan masih cukup banyak. Jika saya menerapkan nilai ini dan terus memperbaharuinya secara perlahan saya akan menjadi peribadi yang kuat. ( Amin)

  • Track Record : Track record  diartikan seberapa konsisten kita dalam melakukan sesuatu. Ya, sebelumnya saya mengatakan bahwa hidup ini perubahan. Berarti kita tidak butuh sikap konsisten ? TIDAK. Konsisten yang dimaksud adalah bagaimana kita berupaya untuk terus mengupayakan untuk “ belajar” dari proses yang kita hadapi dan konsisten memperbaharui nilai-nilai hidup kita. Singkatnya adalah melakukan “ continual improvement” terhadap hal-hal yang seharusnya diperbaiki.

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline