Lihat ke Halaman Asli

Pringadi Abdi Surya

TERVERIFIKASI

Pejalan kreatif

Unleashing X, Kelincahan Inovasi Permata Bank

Diperbarui: 1 Agustus 2018   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Unleashing X. Dokumentasi pribadi.

"The best way to predict the future is to create it."

Abraham Lincoln pernah mengucapkan kalimat itu. Namun, penemuan/penciptaan sesungguhnya bukanlah tantangan terberat dalam kehidupan. Tantangan masa depan ada pada masyarakat itu sendiri, pada manusia, pada kita. Alasannya, penemuan/penciptaan secanggih apapun perlu dipahami oleh masyarakat. Karena itu, suatu penemuan/penciptaan harus memahami masyarakat, membuat manusia nyaman menggunakannya.

Revolusi Industri 4.0 menyajikan pertanyaan akan kondisi masyarakat modern yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Yang dahulu dilakukan secara manual, kini sudah dilakukan secara online dan terdigitalisasi.

Mobile banking merupakan salah satu jawaban yang tepat bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis. Pada tahun 2019 diperkirakan sebanyak 1,75 miliar pengguna ponsel menggunakan perangkat mereka untuk kepentingan mobile banking.  Tapi, tentu tidak sembarangan aplikasi mobile banking dibuat.

PermataBank baru saja memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X. Orientasinya adalah customer experience sejalan dengan logika bahwa teknologi seharusnya diciptakan untuk membuat pelanggan nyaman. Tujuannya adalah tujuan untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah. Kemudahan transaksi perbankan yang juga cepat di PermataMobile X ini diusung agar masyarakat tak perlu pusing-pusing lagi.

PermataMobile X menyajikan lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile banking yang paling lengkap saat ini. Aplikasi-aplikasi tersebut yaitu:

1. FACE ID - login pakai Face ID dengan iPhone X.
2. TOUCH ID dan FINGERPRINT - login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.
3. PEEKING - intip saldo tanpa login dengan cepat dan aman.
4. SEMUA AKUN DALAM SATU LAYAR (atau SINGLE CUSTOMER VIEW) -- terpadu secara luas dan lengkap
dalam satu app PermataMobile X.
5. MELIHAT DETAIL SEMUA AKUN DENGAN MUDAH - Giro, Tabungan, Deposito, Reksadana, Obligasi, Kartu
Kredit, KTA, KPR.
6. MUTASI TRANSAKSI HINGGA 12 BULAN UNTUK SEMUA JENIS AKUN -- langsung ditampilkan di
PermataMobile X.
7. TRANSFER KE NOMOR HANDPHONE - transfer cepat, mudah dan aman cukup dengan nomor handphone.
8. SHARE RECEIPT SEMUA TRANSAKSI LEWAT WHATSAPP, SMS, E-MAIL - membuat sharing dengan
cepat, mudah dan aman.
9. BUKA AKUN TABUNGAN dan GIRO ONLINE - buka Tabungan dan Giro langsung lewat 
PermataMobile X
on-line tanpa menunggu lama.
10. BUKA DEPOSITO ONLINE - Buka Deposito langsung on-line tanpa ke cabang.
11. JUAL, BELI REKSA DANA dan OBLIGASI ONLINE - Transaksi Reksa Dana dan Obligasi on-line dan tidak
ribet.
12. SIMPAN TRANSAKSI FAVORIT - sehingga bisa melakukan transfer dalam 5 detik.
13. MOBILE CASH - tarik tunai tanpa kartu di PermataBank ATM.
14. TRANSFER, PAY BILL dan TOP UP -- layanan tersedia 24 jam.
15. TRANSFER TERJADWAL DAN BERKALA -- sehingga Transfer bisa dilakukan sesuai tanggal yang
diinginkan.
16. KARTU KREDIT - mengajukan kartu tambahan, SimplePay, Cash on Call dan kenaikan kredit limit sementara.
17. PERMATASTORE - browsing dan membeli produk-produk PermataBank dengan mudah dan on-line tanpa ke
cabang. 

Face ID. Dokumentasi pribadi.

Tentu, fitur-fitur tersebut bukan tanpa kontemplasi. Orientasi customer experience bukan sekadar slogan. Pihak PermataBank menghitung peningkatan partisipasi user manakala fitur-fitur itu diluncurkan. Misalnya, jumlah user yang melakukan log in ke mobile banking sebanyak 56 juta. Angka ini meningkat 77% yoy. Begitu juga dengan digital payment dengan nilai 1224 triliun, meningkat 11% yoy.

Inovasi ini merupakan komitmen PermataBank dalam memanjakan customer. Selama ini, layanan perbankan digital PermataBank menjadi yang terdepan dengan layanan digital yang komprehensif. Aplikasi mobile-nya merupakan yang terbaik di kelasnya untuk desain, UI/UX dan kelengkapan fiturnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline