Lihat ke Halaman Asli

Speak English in Indonesia?

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Masih ingat beberapa hari yang lalu melihat tayangan di metro tv, ada mahasiswa UGM yang presentasi di depan anak SMA USA dengan bahasa inggris yang terbata-bata. Melihat dari raut muka siswa SMA nya saja saya sudah bisa menerka bahwa mereka bosan parah.

Masih ingat juga waktu melamar kerja beberapa bulan yang lalu, ada 2 orang Filipina juga yang interview. Mereka berkata betapa sulitnya mencari orang Indonesia yang bisa berbahasa Inggris. Hahaha, itu belum cukup, beberapa hari yang lalu Jasbir (Teman kerja asal India) juga sempat bilang " If I meet 100 people Indonesian, only 2 can speak English." Pikir saya, memang sebegitu parahnya ya?

Bahasa Inggris orang Filipina dan India itu memang tidak lancar dan kadang terkadang terdengar aneh, tapi paling tidak mereka bisa. At least kan  kamu ngerti saya ngerti, sisanya bisa dipelajarilah. Learning by doing.

Hm... solusi dari bahasa Inggris orang Indonesia yang menurut saya payah ini  adalah.... Pelajaran bahasa Inggris di sekolah setiap hari adanya. Meskipun jamnya sedikit-sedikit tapi tetap ada, seperti kata guru asal Filipina itu. Dan dibiasakan juga untuk tidak takut salah dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Salah biasa kan? Namanya juga belajar? Kalau ga pernah salah berarti Tuhan donk? Atau dalam case ini paling tidak native speaker ckckck.

Solusi yang lain adalah jangan sinis. Ah yah, pernah tidak sih ngomong bahasa Inggris dan disinisin sama orang? "Ih, apaan sih orang Indonesia sok ngomong Inggris." Tapi kenyataannya bahasa Inggris itu perlu dikuasai "You smart enough, you can't speak English, who hire you?" Kata temen saya Jasbir sih. Perusahaan lokal mungkin mau, tapi kalau perusahaan itu skalanya internasional dan posisi yang di apply cukup tinggi. Eh, ya apa mereka mau?

Jadi ya... ayolah learn to speak English from today...

for a better tomorrow ckckck...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline