Lihat ke Halaman Asli

Seputar Pengisian Daya Listrik

Diperbarui: 16 Januari 2023   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Narasumber: L. Ramelan

Pertumbuhan penjualan kendaraan listrik per unit telah meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan terbaru, penjualan kendaraan listrik global telah tumbuh dengan laju pertumbuhan majemuk sekitar 40% dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2020, penjualan kendaraan listrik global mencapai 3,1 juta unit, yang merupakan kenaikan sekitar 35% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, pasar kendaraan listrik global mencapai 2,1 juta unit, pada tahun 2018 1,3 juta unit, dan pada tahun 2017 sekitar 750.000 unit. Ini menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penjualan kendaraan listrik telah konsisten kuat dalam beberapa tahun terakhir, dengan kenaikan yang signifikan dalam penjualan unit tahun demi tahun.

Pada tahun 2021, ukuran baterai rata-rata dari sebuah kendaraan listrik baterai sekitar 60-100 kWh. Jumlah total energi yang dihasilkan diperkirakan sebesar 18,6 GWh atau lebih. Baterai kendaraan listrik memiliki umur yang terbatas, biasanya bertahan antara 8 dan 15 tahun, setelah itu mereka perlu diganti. Namun, baterai ini masih memiliki kapasitas penyimpanan energi yang signifikan, sehingga berguna untuk didaur ulang. Selain mencapai akhir masa pakainya, baterai kendaraan listrik juga dapat tersedia untuk didaur ulang akibat kecelakaan mobil atau kerusakan mobil lainnya. Ketika baterai kendaraan listrik mencapai akhir masa pakainya, ia tidak lagi dapat memberikan tingkat kapasitas penyimpanan energi yang dibutuhkan untuk kendaraan listrik. Namun, baterai ini masih memiliki kapasitas penyimpanan energi yang signifikan, yang dapat digunakan untuk aplikasi lain seperti sistem penyimpanan energi  dan solusi pengisian mobile.

Sebuah konsep diusulkan untuk menggunakan baterai kendaraan listrik daur ulang sebagai solusi pengisian mobile. Sistem ini diharapkan mengatasi masalah infrastruktur pengisian kendaran listrik konvensional di area parkir dengan ruang terbatas. Baterai dikonfigurasi ulang dan ditempatkan dalam struktur mekanis baru yang disebut bank baterai mobile (BBM). BBM dipindahkan oleh robot pengangkut antara lokasi pengisian baterai dan tempat parkir kendaraan listrik. Di lokasi pengisian baterai, BBM diisi dayanya secara nirkabel. Setelah bank baterai penuh, robot mengangkutnya ke tempat parkir kendaraan listrik, di mana ia dapat mengisi daya dan mentransfer energi secara nirkabel ke kendaraan listrik. Setelah energi bank baterai habis atau kendaraan listrik terisi penuh, robot mengembalikan bank baterai ke lokasi pengisian daya. Konsep ini bertujuan untuk menawarkan solusi pengisian daya listrik yang aman dan otonom, sekaligus memperpanjang usia baterai dan mengurangi dampak lingkungan dari kendaraan listrik.

Konsep ini memiliki tiga kondisi operasi utama untuk mencapai solusi pengisian daya otonom:

1. Pengisian daya nirkabel robot pengangkut

Robot pengangkut menggunakan sistem baterai bertegangan rendah yang terpisah dari sistem tegangan tinggi bank baterai. Robot dapat pergi ke ruang pengisian daya robot bila diperlukan. Setelah robot memiliki tingkat kapsitas baterai yang cukup, ia dapat bergerak untuk melakukan tugas yang diberikan.

2. Pengisian daya nirkabel bank baterai

Bank baterai adalah baterai kendaraan listrik yang digunakan kembali dalam bentuk rak portabel. Rak ini dapat diangkut oleh robot dari lokasi pengisian daya baterai ke lokasi pengisian daya kendaraan listrik.
Di lokasi pengisian daya baterai, Pemancar daya akan mengisi daya bank baterai secara nirkabel hingga kapasitas penuh. Transiver yang terpasang pada robot berfungsi sebagai penerima daya dan mengisi daya ke bank baterai. Setelah bank baterai terisi penuh, robot pengangkut akan memindahkannya ke lokasi pengisian daya kendaraan listrik.

3. Pengisian daya nirkable Kendaraan Listrik

Di lokasi pengisian kendaraan listrik, Penerima daya nirkabel dipasang di pojok samping tempat parkir kendaraan listrik. Saat pengguna memarkir kendaraan listrik dan menyambungkan kabel pengisi daya ke kendaraan listrik, bank baterai akan mentransfer energi baterainya secara nirkabel ke Penerima daya dan selanjutnya mengisi daya kendaraan listrik. Selama pengisian daya listrik, transiver yang terpasang pada robot berfungsi sebagai pemancar dan mengosongkan bank baterai. Setelah proses pengisian daya kendaraan listrik selesai, bank baterai dapat dibawa kembali oleh robot pengangkut ke lokasi pengisian daya baterai untuk diisi kembali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline