Pendidikan di sekolah merupakan pendidikan formal yang melibatkan guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa ini dapat disebut sebagai proses pembelajaran. Proses pembelajaran mempunyai tujuan agar siswa dapat mencapai kompetensi seperti yang diharapkan. Dengan tercapainya kompetensi tersebut diharapkan tujuan utama pendidikan pun tercapai, yaitu untuk mengantarkan para siswa menuju perubahan tingkah laku baik intelektual, moral, maupun sosial budaya.
Artikel ini berisi tentang cerita praktik baik terkait pengalaman mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran pada saat penulis melaksanakn kegiatan pembelajaran salah satu sekolah di kabupaten indramayu tepatnya di SMK Negeri 1 Kandanghaur pada kelas XI (sebelas) BcF mata pelajaran Tata Kamera.
Cerita praktik baik ini ditulis dengan menggunakan metode STAR, kepanjangannya adalah Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi hasil dampak.
Tujuan dari kegiatan cerita praktik baik yang dilakukan oleh penulis yaitu Dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi, konsentrasi dan keaktifan siswa dalam memahami konsep pada pembelajaran materi Tata Kamera.
Model pembelajaran Project based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Menurut Kemdikbud (2013), peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.
SITUASI : meliputi Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktik pembelajaran.
Latar belakang masalah.
Rendahnya minat siswa terhadap bidang broadcasting dan perfilman berdampak langsung terhadap motivasi belajar siswa, kurangnya konsentrasi dalam belajar beberapa siswa terlihat mengantuk ketika pembelajaran berlangsung serta kurangnya inisiatif siswa untuk bertanya kepada guru tentang hal-hal yang belum dipahami.
Pentingnya Praktik ini untuk dibagikan.
Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena menurut saya banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan bisa memotivasi diri saya sendiri dan semoga bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.
Peran dan Tanggung Jawab Guru.