Lihat ke Halaman Asli

Prima Wibowo Laksono

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga

Cermat dalam Pembelian Tiket Konser: Tips Membeli TIket dan Menghindari Kerugian Tiket Coldplay

Diperbarui: 15 Juni 2023   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Konser coldplay merupakan salah satu konser yang sangat digandrungi generasi milenial pada saat ini, sehingga konser coldplay merupakan konser yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Menantikan moment untuk menonton coldplay secara langsung tanpa harus keluar negeri dan merogoh biaya yang lebih besar menjadi salah satu alasan lain selain memang karya-karya yang dihasilkan oleh band ini patut untuk didengarkan. 

Namun memang kebanyakan orang yang ingin menonton coldplay memiliki alasan yang kuat karena musik yang menyentuh hati dan peforma panggung yang memukau dari coldplay membuat band yang satu ini sangat disenangi dan diburu tiketnya oleh para penonton di berbagai belahan negara. Namun, sebelum kita lebih dulu kegirangan akan euforia kedatangan coldplay ke Indonesia kita perlu mencermati juga bagaimana membeli tiket konser coldplay dan bagaimana agar kita terhindar dari penipuan pembelian tiketnya. 

Pasalnya, belajar dari kasus sebelumnya juga, yakni saat wacana kedatangan Justine Bieber, banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan dengan cara tidak benar. Alhasil banyak korban terkena penipuan dari pembelian tiket palsu konser Justine Bieber. Jika sudah terkena penipuan seperti itu, maka bukannya kita merasakan euforia kesenanga dan kebahagiaannya dari konser band coldplay di Indonesia tetapi malah justru sebaliknya kita harus menelan pil pahit dari moment kedatangan coldplay ke Indonesia.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu anda dalam membeli tiket dan menghindari kerugian saat membeli tiket konser coldplay:

  • Membeli tiket dari sumber resmi: Harus dipastikan bahwa anda membeli tiket coldplay hanya dalam web resmu yang memang menyediakan tiket konser original atau distributor resmi yang memang terverifikasi. Dan anda harus menghindari membeli tiker dari situs-situs yang tidak jelas asal muasal nya dikarenakan bersiko terhadap penipuan dan penjualan tiket palsu.
  • Perhatikan juga jadwal penjualan tiket: Selalu mengikuti perkembangan jadwal penjualan tiket coldplay. Seringkali dijumpai bahwa tiket yang akan dijual ditentukan dalam waktu yang singkat dan pastikan anda mengikuti perkembangan jadwal dan mengetahui jadwal penjualan tiket.
  • Verifikasi tiket: Setelah membeli tiket, pastikan anda melakukan verfikasi tiket tersebut. Hal ini dikarenakan tiket resmi biasanya akan memiliki fitur keamana khusus seperti terdapat barcide atau hologram.
  • Hindari membeli tiket ke calo: Tentunya anda harus berhati-hati dengan penawaran tiket coldplay dengan harga yang sangat murah atau sangat mahal dibandingkan harga yang resmi yang telah ditentukan. Sebab hal tiket yang murah tentu akan tidak sesuai dengan prinsip ekonomi sederhana, semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi juga penawarannya. Semakin tinggi permintaan untuk konser tiket coldplay di Indonesia maka harga tiketnya pun akan semakin mahal. Tentunya hal ini membuat kita harus waspada lagi bahwasanya harga tiket yang tidak wajar menjadikan indikasi tindakan penipuan dalam penjualan tiket.
  • Bayar tiket dengan metode yang aman: Pada saat melakukan pembelian tiket coldplay anda harus memastikan menggunakan metode pembayaran yang aman seperti dengan sistem pembayaran online yang terpdercaya dan anda harus menghindari melakukan transfer unag langsung atau pembayatan tunai kepada pihak yang anda tidak kenal.
  • Selalu waspada penipuan online dalam membeli tiket: Pada saat konser besar biasanya banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi untuk memperkaya diri dengan menguras harta orang lain dengan cara menipu dan tentunya anda harus waspada dan jangan pernah memberika informasi pribadi anda kesiapapaun bahkan kartu kredit sekalipun

Dalam pembelian tiket konser yang digandrungi banyak peminat tentunya akan menaikan harga tiketnya juga. Prinsip sederhana permintaan dan penawaran, semakin banyak yang minat dengan tiket konser coldplay, maka harga yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Oleh karena itu, harga tiket konser yang cukup mahal menuntut kita untuk menjadi waspada dalam pembelian ataupun pencarian tiket konsep coldplay di Indonesia. Kecermatan sangat penting untuk menghidari segala bentuk kerugian. Mengikuti tips-tips yang telah disebutkan di atas diharapkan dapat membantu anda dalam mengurangi resiko penipuan dan tentunya diharapakan akan membuat diri anda menjadi waspada dan dapat merasakan euforia dari konsep coldplay di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline