Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Wahai Ayah Bunda, Jangan Meninggalkan Generasi yang Lemah Iman

Diperbarui: 21 Januari 2022   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuan utama kita adalah mengantarkan anak-anak menjadi generasi yang kuat, tak hanya dalam hal finansial belaka, namun juga dalam Tauhid (dok.pri)

Generasi Seperti Apa yang Akan Kita Tinggalkan Nanti?

Setiap kali melihat wajah anak-anak didik saya di Taman Kanak-kanak dan TPQ, di dalam pikiran saya selalu terbayang satu pertanyaan:

Generasi seperti apa yang akan saya tinggalkan nanti?

Di era yang serba materialistis ini, kebanyakan orang tua khawatir dengan masa depan dunia anaknya. Pertanyaan yang membayang di benak para orangtua sekarang ini hampir selalu berkisar:

  • Apa yang akan mereka makan nanti?
  • Bagaimana dengan pekerjaan mereka kelak?

Kekhawatiran semacam ini akhirnya memicu orangtua memaksa anak-anaknya untuk belajar ini dan itu, menguasai keterampilan ini dan itu. Seolah-olah semua hal tentang masa depan anak-anak kita hanya tentang materi dan harta untuknya. Inilah yang kemudian membuat anak-anak kita menjadi serba materialistis, konsumtif dan cenderung hedonis.

Memang tidak salah bila kita mengkhawatirkan masa depan dunia anak-anak. Allah sendiri memerintahkan kita untuk tidak meninggalkan generasi yang lemah, sebagaimana firman-Nya di dalam surah An-Nisa ayat 9:

Dan hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka (QS. An-Nisa, 4: 9).

Rasulullah Saw juga meminta para sahabatnya untuk jangan sampai meninggalkan keluarganya dalam keadaan fakir miskin, karena hal ini akan melemahkan iman mereka. 

Degradasi Moral Membayangi Generasi Masa Kini

Anak-anak lemah, sebagaimana yang dimaksud di dalam surah An-Nisa ayat 9 tersebut, bukan hanya lemah secara finansial. Kuat finansial hanya akan mampu memenuhi kebutuhan dasar. Kuat finansial tidak akan dapat menjamin kesejahteraan hidup apabila tidak ada dasar karakter yang kuat pula.

Maka, yang dimaksud dengan anak-anak lemah di sini adalah generasi yang karakternya lemah. Generasi yang tidak memiliki akar keimanan yang kuat dan menghujam dalam. Anak-anak yang akidahnya tidak lurus, akhlaknya bobrok, dan setiap pemikirannya tidak didasari ilmu pengetahuan.

Inilah generasi yang sekarang ini sudah banyak kita saksikan dengan mata kepala sendiri. Anak-anak yang kecanduan gim online, TikTok dan YouTube. Para pemuda yang lebih mementingkan viralitas daripada adab dan kesopanan. Anak-anak yang matang sebelum waktunya akibat paparan tayangan-tayangan khusus dewasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline