Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Tren 2021: SEO Masih Penting untuk Sukses Blogging

Diperbarui: 6 Januari 2021   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis konten dengan orientasi SEO harus terus belajar dan mengerti tren SEO yang terus berkembang (ilustrasi diolah pribadi melalui Canva

Kalau ingin tahu apa tren 2021 di bidang teknologi digital, satu hal yang pasti - SEO masih sangat penting dalam dunia blogging. Jelasnya, SEO masih akan mengarahkan lalu lintas pengunjung di situs kita untuk tahun-tahun mendatang. Apa saja tren 2021 dari SEO yang harus diperhatikan untuk sukses blogging?

***

Pada hari ini saat kamu membaca artikel ini, lebih dari 3,5 miliar pengguna internet melakukan pencarian setiap hari di Google. Dengan milyaran konten di internet, bagaimana caranya supaya konten kita bisa mudah ditemukan di hasil pencarian Google?

Jalan pintasnya adalah dengan memasang iklan di Google, atau kita kenal dengan sebutan Search Engine Marketing (SEM). Jalan panjangnya, kita bisa mengoptimalkan konten dan website kita supaya mudah ditemukan, yang kita kenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).

Masalahnya, banyak yang menganggap SEO itu seperti mantra sihir yang sekali saja diucapkan bisa mengubah segalanya dan selamanya. Padahal Algoritma Google terus berkembang. Dibutuhkan ketekunan dan kerja terus-menerus untuk membangun dan mempertahankan posisi peringkat tinggi di hasil pencarian Google.

Agar website kita tetap terdepan dalam kurva SEO, kita perlu tahu faktor apa yang memengaruhi peringkat konten. Penulis konten dengan orientasi SEO harus terus belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka setiap hari.

Faktor yang Memengaruhi Peringkat Hasil Pencarian Google

Tidak ada satu formula tunggal yang bisa mendaratkan situs kita ke halaman pertama hasil pencarian Google. Keberhasilan dalam SEO, memerlukan kombinasi dari beberapa faktor berbeda. Di antaranya faktor yang utama adalah:

Waktu

Kesuksesan tidak terjadi dalam semalam. Jangan pernah percaya jika ada yang memberi tips atau panduan SEO lalu menjanjikan website kita bisa berada di halaman pertama Google dalam waktu singkat. Tetaplah di jalur yang lurus dan seluruh kerja keras tersebut akan terbayar jika kita mengikuti metodenya dengan benar.  

UX dan UI

Pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka pengguna (UI) tidak boleh diabaikan di situs kita. Jika diabaikan, pengunjung akan menekan tombol tutup di situs kita dan pergi dengan cepat.

Tren SEO untuk Sukses Blogging di Tahun 2021

Di luar kedua faktor di atas, kesuksesan situs kita agar bisa mendarat di halaman pertama pencarian Google juga dipengaruhi oleh tren pengguna internet. Setiap tahun, SEO selalu berkembang menuruti apa yang diinginkan pengguna internet. Seiring kemajuan teknologi dan algoritma Google yang semakin pintar, metode baru selalu muncul untuk menentukan peringkat. Berikut tren SEO agar kita sukses blogging di tahun 2021:

1. Membuat konten yang berkualitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline