Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Rahasia Penghitungan K-Rewards Kompasiana yang Wajib Kamu Ketahui

Diperbarui: 11 November 2020   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam penghitungan K-Rewards adalah jumlah pageviews (ilustrasi diolah pribadi melalui Canva)

"Kayaknya aku berjodoh dengan angka 16 deh. Tiap kali perhitungan K-Rewards aku selalu di urutan ke-16, berapapun perolehannya," kata teman yang sering menulis artikel numerologi.

"Masih mending, Pak. Aku sendiri bingung, bulan ini viewernya banyak, tapi K-Rewards-nya sedikit. Bulan lalu viewernya sedikit, tapi K-Rewards-nya banyak," komentar teman yang lain.

"Lha, ini Mbak L malah cuma dapat segitu. Padahal satu cerpennya kemarin dibaca lebih dari 50 ribu kali," keluh teman yang lain mewakili Mbk L.

Sebagai Kompasianer, mungkin kamu pernah mengeluhkan hal yang serupa terkait K-Rewards dari Kompasiana. Harus diakui, adanya K-Rewards ini menjadi salah satu motivasi utama Kompasianer untuk konsisten menulis di Kompasiana, dengan artikel-artikel yang ditulis semenarik mungkin agar mendapatkan banyak pembaca.

Masalahnya, Kompasiana tidak pernah membuka rahasia dapur penghitungan K-Rewards. Kompasiana hanya memberi kisi-kisi, bahwa penghitungan K-Rewards didasarkan beberapa faktor, di antaranya yang utama ada 3:

  • Jumlah Pageviews
  • Status Artikel
  • Tema Artikel

Rahasia Penghitungan K-Rewards Kompasiana

Sekarang, saya akan bantu membuka sedikit rahasia perhitungan K-Rewards. Tidak seratus persen benar, tapi setidaknya bisa memberi petunjuk bagi Kompasianer bagaimana cara mendapatkan K-Rewards yang besar.

Jumlah Pageviews

Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam perhitungan K-Rewards adalah jumlah pageviews. Sayangnya, banyak Kompasianer yang salah memahami dan sering tertukar arti, antara pageviews dan viewers versi Kompasiana.

Apa sih pageviews itu?

Pageviews adalah halaman yang muncul di browser setiap kali pengunjung meng-klik satu tautan tertentu. Pageviews dihitung berdasarkan data Google Analytics.

Misalnya, kamu mengklik artikel ini, dan muncul satu halaman. Maka Google Analytics menghitungnya sebagai 1 (satu) pageviews. Ketika kamu meng-klik halaman kedua, berarti kamu sudah menyumbang 2 pageviews. Begitu seterusnya.

Jadi, bila ada artikel memiliki 10 halaman, dan semua halamannya di-klik satu pengunjung, artikel itu sudah memperoleh 10 pageviews dari 1 pengunjung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline