Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Di Tengah Gencarnya Isu PKI, Kita Melupakan Jasa Pahlawan Ampera

Diperbarui: 30 April 2021   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arif Rahman Hakim memimpin mahasiswa menyanyikan lagu-lagu patriotik saat aksi demonstrasi 24 Februari 1966 (foto: spaarnestadphoto.com/UPI)

Setiap kali ada yang bertanya siapa pahlawan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat), ingatan kita selalu tertuju pada satu nama: Arif Rahman Hakim. Mahasiswa tingkat empat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini gugur terkena tembakan peluru (yang diduga) dari Pasukan Tjakrabirawa pada 24 Februari 1966. Ketika itu, Arif bersama ribuan mahasiswa dan pelajar berdemonstrasi  hendak menggagalkan acara pelantikan anggota kabinet Dwikora II yang diumumkan Presiden Sukarno tiga hari sebelumnya.

Gugurnya Sang Martir Arif Rahman Hakim

Sewaktu gelombang mahasiswa sudah semakin dekat ke Istana Negara, terdengar rentetan tembakan ke arah kerumunan demonstran. Keadaan pun menjadi panik. Akibatnya, beberapa demonstran mengalami luka serius. Usai situasi sedikit mereda, barulah para mahasiswa dan pelajar yang berdemonstrasi mendengar kabar bahwa dua rekan mereka sudah gugur: Arif Rahman Hakim dan Zubaedah, siswi anggota Pelajar Islam Indonesia (PII) yang ikut berdemonstrasi.

Jenazah keduanya dimakamkan keesokan harinya. Sebelum dikebumikan, jenazah Arif Rahman Hakim bahkan diarak secara besar-besaran dari Universitas Indonesia hingga Kebayoran. Soeharto dan A.H. Nasution sampai mengirimkan karangan bunga sebagai ungkapan duka cita. Dalam buku Soe Hok-Gie: A Biography of A Young Indonesian Intellectual, penulis John Maxwell mengatakan hari itu "gerakan mahasiswa [Indonesia] baru saja melahirkan martir pertamanya".

Hasanuddin Haji Madjedi, Pahlawan Ampera yang Pertama Kali Gugur

Apa yang dicatat John Maxwell tidak sepenuhnya tepat. Martir pertama gerakan mahasiswa Indonesia bukan Arif Rahman Hakim, melainkan Hasanuddin Haji Madjedi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat ini gugur setelah terkena tembakan oknum tentara Batalyon K Kodam Diponegoro Jawa Tengah yang di-BKO-kan di Banjarmasin pada 10 Februari 1966, dua minggu sebelum pecahnya demonstrasi di Istana Negara yang mengakibatkan gugurnya Arief Rahman Hakim.

Ketika itu, Asan, panggilan akrab H.M Madjedi, ikut larut dalam arus demonstrasi ribuan mahasiswa di Konsulat Republik Rakyat Tjina (RRT) Banjarmasin. Kantor Konsulat RRT jadi sasaran demonstran karena diduga menjadi beking para tengkulak atau cukong sembako yang membuat harga-harga pangan melambung tinggi.

Demonstrasi yang semula berjalan lancar ini berubah menjadi kericuhan, hingga pasukan BKO dari Batalyon K Kodam Diponegoro Jawa Tengah yang berjaga-jaga di kawasan Pasar Baru dan Pasar Sudimampir Banjarmasin mengarahkan tembakan senapannya ke arah demonstran. Satu peluru dari oknum tentara itu bersarang di pinggang belakang Asan, hingga nyawanya tidak tertolong.

Mungkin karena peristiwa gugurnya Hasanuddin Haji Madjedi itu tidak terjadi di ibukota, riaknya tidak terlihat dan belum membawa pengaruh besar terhadap gerakan mahasiswa Indonesia saat itu. Sebaliknya, gugurnya Arief Rahman Hakim membawa dampak yang luar biasa, hingga mampu mengubah persepsi mahasiswa tentang rangkaian aksi demonstrasi yang mereka lakukan sebelumnya. Mengutip tulisan John Maxwell, 

"...kali ini semua orang [...] menyadari mereka tengah melakukan perjuangan serius dan mematikan yang melibatkan konfrontasi dengan Soekarno sendiri".

Gugurnya Hasanuddin Haji Madjedi boleh dianggap tidak membawa pengaruh yang signifikan terhadap gerakan mahasiswa di tahun 1966. Namun namanya abadi bersama banyak mahasiswa dan pelajar lain yang gugur saat memperjuangkan Amanat Penderitaan Rakyat pasca gagalnya pemberontakan G30S/PKI. Mereka yang gugur saat berdemonstrasi memperjuangkan Tritura (Tiga Tuntuan Rakyat: bubarkan PKI, rombak kabinet Dwikora dan penurunan harga pokok) dikenang sebagai Pahlawan Ampera.

Mereka yang Ikut Gugur Dalam Mengawal Tritura

Seperti yang saya kemukakan di awal, selama ini kita praktis hanya mengenal Pahlawan Ampera pada sosok Arif Rahman Hakim saja. Padahal, ada beberapa nama lain - seperti halnya H.M Madjedi yang tidak kita ketahui dengan baik -- yang juga gugur dalam aksi gerakan mahasiswa tahun 1966 dan layak menyandang gelar Pahlawan Ampera juga.

Kecil kemungkinan kita kenal sederet nama berikut: Julius Usman (mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung, gugur tanggal 18 Agustus 1966); Aris Munandar (siswa SMP Muhammadiyah X Yogyakarta) dan Arif Margono (pelajar SPG Muhammadiyah I Yogyakarta), keduanya gugur tanggal 10 Maret 1966.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline