Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

3 Alasan Kamu Harus Bangga Jadi Introvert

Diperbarui: 5 Juni 2020   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kesendirian dan kesunyian hidup introvert, tersembunyi kekuatan yang menakjubkan (ilustrasi diolah dari Canva)

Jangan bosan ya kalau aku sering menulis tentang sifat introvert. Karena bagiku menjadi introvert itu bukan hal yang buruk. Sebaliknya, aku bangga dengan sifat introvertku.

Banyak orang menganggap introvert itu sifat yang buruk dan negatif karena mereka sudah termakan mitos dan propaganda psikologis. Sekian lamanya para psikolog dan teoritikus kepribadian secara historis mempropagandakan negatif sifat ketertutupan atau kesendirian dan menghubungkannya dengan ujung spektrum yang paling ekstrim dan negatif dari atribut kepribadian manusia.

Sedangkan keterbukaan selalu dihubungkan dengan atribut kepribadian yang paling positif, seperti sosiabilitas atau kemampuan bersosialisasi. Mereka menghubungkan ini sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial, yang membutuhkan interaksi satu sama lain sehingga sifat terbuka lebih dihargai dan dinilai positif daripada sifat tertutup.

Faktanya, introvert sama baiknya dengan ekstrovert. Setiap jenis kepribadian ini memiliki kemampuan untuk berkembang di lingkungan optimal masing-masing. Baik introvert maupun ekstrovert punya kelebihan masing-masing yang, jika dimanfaatkan secara optimal dapat menjadi peretas kesuksesan.

3 Alasan Kamu Harus Bangga Jadi Introvert

Dari sekian banyak sifat yang dimiliki introvert, ada 3 sifat utama yang bisa membuatmu bangga menjadi introvert. Ketiga sifat yang dimiliki orang-orang yang sudah mampu memberi hadiah terindah bagi dunia.

1. Introvert Punya Lebih Banyak Imajinasi dan Pikiran Kreatif 

"Kesendirian dan kesunyian hidup yang tenang menstimulasi pikiran kreatif." -- Albert Einstein

Introvert memiliki dunia batin yang hidup dan terus menggunakan imajinasi mereka. Menulis itu kreativitas. Untuk memiliki keajaiban kreativitas terlebih dahulu kita harus memasuki dunia imajinasi.

Kreativitas dan imajinasi saling terkait erat. Imajinasi adalah memikirkan sesuatu yang tidak ada, sementara kreativitas adalah melakukan sesuatu yang bermakna dan selaras dengan imajinasi tersebut.

Tak ada profesi lain yang lebih identik dengan introvert selain seniman atau penulis. Banyak dari penulis, artis, dan seniman kita yang paling berbakat merupakan introvert. Steve Martin, Meryl Streep, Shonda Rhimes, J.K. Rowling, dan Steven Spielberg hanyalah contoh orang introvert terkenal yang sudah menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih berwarna melalui bakat artistik mereka.

Introvert itu penulis yang baik (ilustrasi diolah dari Canva)

2. Kemampuan Introvert untuk Berpikir di Luar Kotak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline