Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Hijrah, Haji, dan Hidup Berkah Bersama Danamon Syariah

Diperbarui: 19 Desember 2019   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Merencanakan ibadah haji sejak dini bersama Tabungan Haji Danamon Syariah (dokpri)

Hidup yang Berkah itu seperti apa sih?

Kalau diartikan secara literal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Berkah atau Berkat adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Dengan begitu, hidup yang berkah bisa diartikan sebagai hidup yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Terkait dengan pengertian hidup berkah ini, saya jadi ingat dengan tulisan K.H. Nur Ali Ahmad di media sosial beberapa tahun lalu. Menurut beliau, Berkah adalah bertambahnya nilai kebaikan. Berkah itu: "albarokatu tuziidukum fi thoah", berkah itu menambah ketaatan kepada Allah.

Berkah bukanlah cukup dan mencukupi saja, tapi berkah ialah bertambahnya ketaatan kita kepada Allah dengan segala keadaan yang ada, baik berlimpah atau sebaliknya.

Hidup yang berkah bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru berkah sebagaimana Nabi Ayyub, sakitnya menambah taatnya kepada Allah. Berkah itu juga tak selalu umur yang panjang, karena ada yang usianya pendek tapi dahsyat ketaatannya seperti sahabat Mushab bin Umair.

Ilmu yang berkah itu bukan yang banyak daftar pustaka dan catatan kakinya, atau tulisan yang dibaca banyak orang. Tapi ilmu yang berkah itu yang bermanfaat bagi masyarakat, agama, bangsa dan negara.  

Penghasilan yang berkah juga bukan gaji yang besar dan selalu naik setiap tahunnya. Tetapi sejauh mana gaji itu bisa jadi jalan rezeki bagi yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Hidup Berkah Dimulai dengan Hijrah

Menyimak penjelasan di atas, hidup yang berkah bisa diartikan sebagai hidup yang setiap aktivitas kehidupannya menambah ketaatan kepada Allah. Kehidupan seperti ini hanya bisa diraih jika kita mengawalinya dengan berhijrah.

Secara harfiah, hijrah bisa diartikan berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik untuk alasan tertentu (demi keselamatan, kebaikan dan sebagainya). Secara syariat Islam, Hijrah berarti memulai hidup baru, menanggalkan kebiasaan yang lama dan cara lama menuju kehidupan yang lebih baik supaya lebih dekat dan lebih taat kepada Allah SWT.

Islam tidak hanya mengatur hubungan kita dengan Allah semata (habluminallah), namun islam juga mengatur segala sendi kehidupan kita agar selaras dengan nilai-nilai syariat islam yang kaffah. Termasuk pula dalam soal keuangan, seperti layanan perbankan.

Memulai Hijrah dan Menggapai Hidup Berkah Bersama Danamon Syariah

Prinsip ekonomi syariah, khususnya layanan perbankan syariah  di Indonesia belakangan ini memang semakin tumbuh. Tidak hanya sekedar mengikuti trend, tapi lebih karena adanya tuntutan dan kebutuhan dari masyarakat, terutama umat Islam yang menjadi mayoritas di Indonesia. Dalam ekonomi syariah, ada nilai ketenangan, keberkahan dan ibadah yang menjadi tujuan utama setiap muslim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline