Tahun 2020 adalah tahun yang cantik dan keren karena nilai numeriknya. Kalau kamu ingin menikah atau menyelenggarakan hajatan keluarga, lakukan saja di tahun ini karena ada banyak tanggal cantik. Kamu bisa pilih tanggal 02/02/2020, atau 20/02/2020, atau mungkin sedikit lebih lama lagi di tanggal 10/10/2020.
Dan saya juga berani bertaruh, banyak perusahaan yang akan melakukan kampanye pemasaran di tahun ini pada tanggal-tanggal cantik tersebut. Untuk mengawali kampanye mereka, tidak ada yang lebih baik lagi selain membuat judul konten yang menarik, secantik angka tahun 2020.
Kalau kamu penulis konten, blogger atau kreator konten lain dan belum sempat memikirkan ide artikel atau ide konten, sekarang saatnya mulai merencanakan. Gunakan saja angka tahun 2020 untuk membuat artikel yang menarik. Contohnya, saya sudah mengawalinya dengan artikel keren ini.
3 Alasan Menggunakan Angka untuk Judul Artikel
Ada 3 alasan mengapa judul artikel yang menggunakan angka bisa menarik perhatian pembaca.
- Pertama, judul dengan angka di depan selalu menjadi favorit banyak penulis artikel.
- Kedua, angka efektif untuk menarik perhatian pembaca karena orang menyukai prediktabilitas dan tidak suka ketidakpastian.
- Ketiga, judul dengan angka juga menjanjikan substansi artikel adalah sesuatu yang pasti. Kalau judulnya ada angka 20, maka sudah pasti di dalamnya ada 20 item dengan satu atau dua itemnya mungkin layak untuk diterapkan.
Lalu, apakah harus menggunakan angka 20?
Pikirkan sendiri, adakah angka yang menarik selain 20 untuk menyambut tahun 2020? Di luar itu, angka puluhan yang genap (10, 20, 50, 100 dst) mencerminkan suatu milestone (pencapaian).
Nah, sudah menemukan ide judul artikel? Kalau belum, mungkin 20 ide judul artikel ini bisa membantumu. Ke-20 ide judul ini bisa kamu ganti topiknya sesuai dengan minat atau bidang industri yang kamu sukai.
Artikel Tentang Refleksi Akhir Tahun
Menjelang akhir setiap tahun, orang-orang mendapatkan suasana hati yang reflektif, sehingga cerita tentang tahun lalu bisa efektif. Artikel refleksi idealnya harus diterbitkan pada bulan Desember. Karena begitu tahun baru tiba, tidak ada lagi yang peduli dengan tahun lalu kecuali itu adalah akhir dari suatu era.
2020 adalah waktu yang tepat untuk merenungkan 20 tahun pertama milenium, sehingga jenis artikel refleksi tersebut harus relevan di sepanjang 2020. Berikut ide judul artikel refleksi akhir tahun:
- 20 Pelajaran yang Bisa Diambil Tentang Politik dalam Setahun Terakhir
- 20 Gosip Terpanas dari Setahun/20 Tahun Terakhir
- 20 Jenis Mode yang Memudar Sepanjang Tahun/20 Tahun Terakhir
- 20 Event Musik Paling Berarti dalam Setahun/20 Tahun Terakhir
Artikel Tentang Proyeksi untuk Masa Depan
Tahun baru juga merupakan waktu yang tepat untuk mengintip masa depan dan menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Betapapun sepele itu, saya cukup yakin frasa "20/20 visi" akan ditemukan di beberapa kampanye pemasaran. Tidak harus menggunakan bahasa yang tepat seperti itu, tetapi konsep visi yang lebih jelas untuk tahun atau 20 tahun mendatang bisa sangat menarik. Berikut ini 4 ide artikelnya:
- 20 Tren Baru yang Harus Diperhatikan pada Tahun 2020
- 20 Tantangan yang Harus Dihadapi pada Tahun 2020
- 20 Terobosan Besar yang Akan Terjadi pada 2020/20 Tahun Mendatang
- 20 Jenis Usaha Yang Akan Bertahan Lama dalam 20 Tahun Mendatang