Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Mas Nadiem, Pakaiannya Kok Gitu Sih?

Diperbarui: 6 Desember 2019   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mendikbud Nadiem Makarim saat menghadiri pelantikan Rektor UI Prof. Ari Kuncoro (sumber: twitter @marzukialie_MA)

Mas Nadiem lagi-lagi jadi pembicaraan netizen. Setelah pidatonya tentang kemerdekaan belajar dan guru penggerak jadi bahan diskusi dan debat kusir, kali ini gaya pakaian Mas Nadiem yang disoroti publik.

Saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) Profesor Ari Kuncoro, Mas Menteri Nadiem Makarim terlihat mengenakan pakaian santai. Padahal di acara resmi tersebut, tamu-tamu yang lain berpakaian resmi, lengkap dengan jas dan dasi.

Dari foto yang diunggah mantan Ketua DPR RIMarzuki Alie, Mas Nadiem nampak bergaya kasual khas anak-anak muda yang bekerja di startup digital: batik lengan panjang warna biru yang lengannya digulung ke atas, celana jeans warna hitam dan sepatu kets (terlihat tanpa kaos kaki).

Jika Mas Nadiem enggan memakai jas dan dasi, mbok iya lengan baju batiknya jangan digulung ke atas dengan serampangan. Ditambah pakai sepatu tanpa mengenakan kaos kaki. Maka, jangan heran jika banyak yang berucap, "Duh, Mas Nadiem pakaiannya kok gitu sih?"

Bagi orang-orang tua, gaya pakaian Mas Nadiem dianggap kurang sopan dan menyalahi etika. Sekalipun Mas Nadiem diundang dalam kapasitasnya sebagai Mendikbud, yang otomatis menjadi atasan dari rektor UI, etika dan penghormatan ke orang lain tetap perlu.

Pelantikan Rektor UI adalah acara protokoler resmi. Terlebih lagi acara itu diselenggarakan sebuah universitas ternama, tempat yang mewadahi pemikiran-pemikiran ilmiah.

Mas Nadiem mungkin lupa bahwa Mas Nadiem tidak lagi CEO perusahaan digital. Saking lupanya, sampai-sampai gaya busana Mas Nadiem pun masih identik dengan gaya busana anak-anak milenial yang cenderung mendewakan kebebasan.

Mas Nadiem sekarang menjadi pejabat publik, yang setiap gerak-gerik, tingkah laku dan tutur katanya menjadi sorotan masyarakat umum. Apalagi jabatan Mas Nadiem tidak sembarangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Paling tidak dalam 5 tahun ke depan, masa depan Pendidikan dan Kebudayaan bangsa kita berada di tangan Mas Nadiem.

Atau Mas Nadiem ingin memberi contoh, bahwa kemerdekaan belajar itu berawal dari kemerdekaan cara berpakaian?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline