Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Jumat Berkah, Hari Penuh Kebaikan untuk Semua Orang

Diperbarui: 30 Juni 2021   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat Berkah. Hari Penuh Kebaikan / sumber gambar: laman Facebook Jumat Berkah

Sekelompok ibu-ibu berbusana muslimah tengah berdiri di pinggir jalan di depan sebuah pusat perbelanjaan Kota Malang. Di sela-sela arus lalu lintas yang padat merayap, ibu-ibu ini menawarkan bungkusan makanan yang tengah mereka bawa ke setiap pengendara yang lewat.

"Sarapan gratis Pak, Bu, silahkan diambil," kata seorang ibu-ibu pada para pengendara yang lewat di depan mereka. Beberapa pengendara sepeda motor tampak berhenti sebentar, mengambil bingkisan sarapan gratis berupa nasi kotak lengkap dengan air mineral tersebut, lalu melanjutkan perjalanan mereka setelah me

ngucap terima kasih. Bagi-bagi sarapan gratis setiap Jumat pagi ini adalah bagian dari program Jumat Berkah kelompok pengajian Majelis Taklim Nur Hasanah, Kota Malang.

***

Setiap Jumat, tagar #JumatBerkah selalu menjadi trending topic di dunia maya. Menunjukkan hari Jumat ini adalah hari yang penuh berkah, penuh kebaikan bagi semua orang. 

Setiap Jumat, para pengemudi becak tersenyum lega. Perut mereka tak lagi keroncongan di pagi hari. Selalu ada sedekah sarapan dari para dermawan yang dibagikan setiap Jumat pagi.

Baca juga : Indahnya Berbagi Kebahagiaan di Jumat Berkah

Setiap Jumat, para Supeltas (sukarelawan pengatur lalu lintas) selalu mendapat limpahan sedekah dari para dermawan yang sedang melintas di perempatan jalan yang mereka atur.

Setiap Jumat, jamaah sholat di banyak masjid bersyukur karena sering ada yang bersedekah makan siang. Kadang berupa nasi bungkus, atau makan bersama di rumah salah seorang jamaah yang dekat dengan masjid. Semua jamaah sholat menikmati hidangan yang disediakan. Tua, muda, anak-anak, yang datang ke masjid dengan jalan kaki hingga yang mengendarai mobil mewah.

Setiap Jumat, anak-anak yatim di panti asuhan tersenyum bahagia. Berbagai jenis makanan datang silih berganti, uang saku pun sudah menanti. Setiap Jumat, kaum dhuafa terharu bahagia karena paket sembako mengalir ke rumah mereka.

Baca juga : Kebahagiaan Jumat Berkah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline