Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Jika Benar, Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf Bisa Menjadi Blunder Terakhir Mereka

Diperbarui: 12 Februari 2020   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

capres Jokowi saat kampanye di Cirebon (sumber foto: news.okezone.com)

Sepertinya tidak ada cara lain untuk mengumpulkan massa kampanye dalam jumlah banyak selain dengan hiburan musik. Mungkin itulah yang ada di benak simpatisan dan pendukung pasangan capres/cawapres nomor 01.

Sebuah konser musik bertajuk Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju akan digelar di GBK pada 13 April 2019. Di hari dan tempat yang sama, pasangan capres/cawapres nomor 01 juga akan menggelar kampanye akbar.

Juru bicara TKN Arya Sinulingga memastikan kampanye akbar sekaligus pamungkas dari pasangan calon nomor 01 akan digelar di GBK pada 13 April 2019.

"Target 300 ribu pendukung bakal hadir, kalau mereka (kampanye akbar Prabowo-Sandi) 200 ribu. Kita tahu setiap Jokowi, lebih besar massanya dari Prabowo,"ujar juru bicara TKN, Arya Sinulingga saat dikonfirmasi, Senin (8/4).

Mengenai jam tepatnya, kemungkinan besar kampanye akbar tersebut akan digelar pada pagi hingga siang hari. Karena mulai pukul 14.00 hingga 17.00, GBK akan dipakai untuk konser musik dari simpatisan dan pendukung petahana.

Gitaris Slank Abdee Negara mengungkapkan, konser musik itu digelar sebagai bentuk dukungan kepada paslon nomor urut 01 untuk kembali menjabat sebagai kepala negara kali kedua. Abdee juga mengatakan, sudah ada 500 artis dan 1.000 tokoh yang akan bergabung dalam kegiatan yang akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dia memastikan jika acara itu akan berjalan sangat meriah dan penuh kegembiraan.

Meskipun diselenggarakan oleh simpatisan dan pendukung paslon nomor 01, Abdee menjamin konser musik tersebut terbuka untuk umum. Dia melanjutkan, panitia juga tidak akan memungut biaya sepeser pun dari pengunjung yang datang.

"Dari panitia kami tegaskan acara nanti tanggal 13 April jam 14.00 sampai 17.00 nanti gratis, semua masyarakat kami undang untuk hadir," katanya.

Meskipun berbeda acara, tapi karena diselenggarakan pada tempat dan hari yang sama, wajar apabila kemudian terbentuk opini bahwa kampanye akbar dari pasangan nomor 01 mendompleng konser musik tersebut untuk mendatangkan massa. Berlaku pula sebaliknya, bahwa konser musik tersebut diselenggarakan untuk mendatangkan massa agar kampanye paslon 01 terlihat penuh.

Tak heran apabila kemudian TKN sesumbar bisa mengalahkan jumlah massa kampanye akbar Prabowo-Sandi yang menurut Arya Sinulingga hanya berjumlah 200 ribu orang. Dengan adanya konser musik gratis ini, TKN setidaknya sudah mendapat jaminan akan datangnya massa dalam jumlah besar.

Rumor pengerahan massa dari karyawan BUMN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline