Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Fenomena Antre Hanya untuk Mengambil Nomor Antrean

Diperbarui: 3 Maret 2019   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

antri untuk mengambil nomor antrian di Stasiun Malang Kota (dokumentasi Himam Miladi)

Sepertinya terlihat lucu, gemas sekaligus menjengkelkan. Bagaimana tidak, kita harus mengantre hanya untuk mengambil nomor antrean!

Inilah yang saya pikirkan saat hendak membeli tiket kereta api lokal di Stasiun Malang Kota. Matahari masih belum sempurna bangun dari tidurnya, tapi di loket pembelian tiket kereta api Stasiun Malang Kota, sudah terlihat banyak orang menunggu di depan pintu yang belum dibuka.

Awal Maret ini, PT KAI memang baru saja membenahi sistem pembelian tiket kereta api. Tiket kereta api lokal sudah bisa dibeli secara online melalui aplikasi KAI Access.

Selama ini, hanya tiket kereta api jarak jauh yang bisa dibeli secara online, baik itu melalui aplikasi KAI Access atau di situs-situs pembelian tiket lainnya. Sementara untuk tiket kereta api lokal, calon penumpang harus membelinya secara langsung di stasiun terdekat.

Karena itu, antrean panjang sering terlihat di loket KA Lokal. Di Stasiun Malang, loket pembelian baru dibuka mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Saking banyaknya calon penumpang yang membeli tiket, kadang baru pukul 11.00 tiket antrean sudah ditutup. Otomatis calon penumpang yang tidak kebagian tiket antrean harus membeli keesokan harinya.

Mereka yang hendak membeli tiket juga harus rela sabar menunggu berjam-jam lamanya. Saya sendiri pernah mengalami, harus menunggu hingga 4 jam sebelum dilayani, hanya untuk membeli tiket KA lokal seharga Rp 12.000!

Mungkin karena tak ingin menunggu lama, banyak calon penumpang yang sengaja datang pagi-pagi untuk bisa mendapatkan nomor antrean yang lebih awal. Sayangnya, banyak orang yang berpikiran serupa. Alih-alih tak perlu antre terlalu lama, ternyata mereka tetap harus mengantre panjang, menunggu lama sampai pintu ruangan loket dibuka. Bukan untuk langsung membeli tiket, tapi hanya untuk mendapatkan nomor antrean!

Untuk mengantisipasi membeludaknya calon penumpang yang antre membeli tiket, pihak stasiun Malang Kota mulai membuka pengambilan nomor antrean sejak pukul 07.00. Namun, sejak pukul 05.30, puluhan calon penumpang yang hendak membeli tiket sudah mengantre di depan pintu ruangan tempat pembelian loket yang belum dibuka. Mereka berbaris memanjang.

Pukul 06.00, pintu ruangan dibuka oleh petugas. Satu per satu, calon pembeli lalu masuk, dan kemudian berbaris lagi sesuai urutan semula di luar pintu tadi. Beberapa calon pembeli yang baru datang memilih untuk duduk di kursi yang sudah tersedia di ruangan tersebut. Mereka memperhatikan dan mengingat, siapa yang ada di posisi sebelum dan sesudahnya. Takut kalau posisi antrean mereka diserobot.

Seorang ibu yang tidak tahu kalau nomor antrean belum dibuka ketika masuk ruangan langsung memencet tombol mesin antrean. Serempak, beberapa penumpang lain mengingatkan ibu tersebut supaya ikut antre dulu. Sambil malu-malu, ibu itu bertanya dia harus antre di belakang siapa karena banyak calon pembeli yang duduk. Jadinya tidak tahu bagaimana urutan antreannya.

Pukul 07.00 tepat, mesin nomor antrean dinyalakan. Beberapa orang terlihat bernapas lega, terutama mereka yang ada di antrean awal. Mungkin saking lelahnya harus menunggu sejak pagi buta. Satu per satu, mereka yang mengantre mengambil nomor antrean.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline