Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

7 Kekuatan Tersembunyi Seorang Introvert yang Tak Bisa Diremehkan

Diperbarui: 22 September 2018   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (dokumentasi pribadi)

Menjadi seorang introvert bukan berarti memiliki kepribadian yang buruk. Meski seringkali orang luar banyak yang salah paham dalam menilainya. Dalam pergaulan sosial, introvert dipandang sebagai seorang yang antisosial, tidak ramah, pemalu, atau kesepian. Padahal, ada banyak kelebihan yang dimiliki seorang introvert yang membuatnya seakan memiliki kekuatan tersembunyi. 

Kelebihan ini, jika dimanfaatkan dengan baik, bisa menjadi aset yang berharga bagi seorang introvert dalam membangun karir atau membangun sebuah jaringan pertemanan atau bisnis.

Apa kekuatan tersembunyi yang dimiliki introvert itu? Sebelum membahasnya, ada baiknya kita mengetahui sekilas, bagaimana dan seperti apa profil seorang yang introvert itu. Dr. Jennifer Kahnweiler, psikolog dan penulis buku The Introverted Leader: Building Your Quit Strength memberi definisi yang indah: 

Introvert adalah orang-orang yang mendapatkan energi dari saat-saat mereka menghabiskan waktu sendirian. "Ini seperti baterai yang mereka isi ulang," katanya. "Dan kemudian mereka bisa pergi ke dunia dan terhubung sangat indah dengan orang-orang lain."

Dari definisi inilah, seorang introvert juga bisa meraih kesuksesan yang sama dengan orang-orang yang bertipe terbuka/ekstrovert jika mereka bisa memanfaatkan energi, kekuatan tersembunyi yang mereka miliki. Memang, seringkali kita mendengar pesan-pesan bahwa kita perlu berbicara dan menjadi pribadi yang menonjol untuk bisa menjadi orang yang sukses. Tapi, tanpa harus banyak bicara dan tanpa harus menonjolkan diri sendiri di hadapan orang lain, introvert juga bisa meraih kesuksesan yang sama.

Seorang introver hanya perlu mengoptimalkan beberapa sifat alami yang mereka miliki, yang bisa menjadi kelebihan tersendiri, yang tidak dimiliki seorang ekstrovert. 7 kelebihan tersebut adalah:

1. Introvert adalah pendengar yang baik.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Motor Behavior menemukan bahwa introvert membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses informasi daripada ekstrovert. Ini bukan berarti introvert itu memiliki jalan pemikiran yang lamban. Lamanya waktu yang diperlukan seorang introvert dalam merespon informasi membuat mereka menjadi pendengar yang baik.

Seorang ekstrover lebih cenderung untuk terjun ke percakapan sebelum mereka benar-benar memproses apa yang dikatakan lawan bicara. Bukan karena mereka egois atau tidak peduli, tetapi karena mereka memproses informasi secara interaktif. Sebaliknya, introvert memproses informasi secara internal. Keterampilan itu memungkinkan introvert untuk mendengar, memahami, dan memberikan wawasan yang dipertimbangkan dengan seksama dalam merespon informasi yang diberikan lawan bicara.

Karena itu, introvert sering kali dipilih oleh orang-orang yang ingin curhat. Karena mereka tahu, introvert tidak akan menyela pembicaraan sebelum semua informasi tersampaikan dengan baik. Dan introvert bisa memberikan penyelesaian yang lebih bijaksana.

2. Introvert berpikir dahulu sebelum berbicara

Karena introvert biasanya merasa kurang nyaman jika berbicara daripada mendengarkan, mereka memilih kata-kata mereka dengan bijaksana. Berbeda dengan ekstrovert yang cenderung responsif, sehingga seringkali ekstrovert lepas kontrol dengan penyebutan kata-kata yang tidak bijaksana saat berbicara dengan orang lain.

Keahlian memilih kata-kata dengan bijaksana ini juga sangat menguntungkan jika dihubungkan dengan interaksi di dunia maya, khususnya melalui media sosial. Introvert lebih mampu menyeleksi informasi, mana yang benar, mana yang hoax. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline