Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Buat Dirimu Lebih Bahagia dengan Empat Gaya Liburan Ini

Diperbarui: 26 Januari 2018   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (sumber: shutterstock.com)

Liburan ke suatu tempat wisata sudah tentu bertujuan untuk membuat diri kita menjadi puas, senang dan bahagia. Tidak ada di dunia ini orang yang sedang berlibur malah menjadi sedih, kecuali jika saat liburan dia sedang terkena musibah.

Tapi, tidak semua liburan yang kita lakukan bisa memuaskan kita serta membuat senang dan bahagia. Terkena macet saat perjalanan, tempat wisata yang terlalu ramai, harga tiket yang mahalnya keterlaluan, fasilitas tempat wisata yang tidak memadai, semua itu bisa membuat liburan kita menjadi tidak nyaman. Ujungnya kita jadi mengeluh. Lantas darimana datangnya bahagia saat liburan dengan kondisi tersebut?

Kalau kamu ingin merasakan liburan yang menyenangkan dan membuat dirimu lebih bahagia, kamu bisa mencoba empat rencana liburan berikut ini. 

1. Berlibur bersama keluarga atau teman

Para ilmuwan perilaku telah secara konsisten membuktikan bahwa kebahagiaan individu terkait dengan kebahagiaan orang-orang di sekitar kita. Rencanakan liburan bersama dengan keluarga atau teman. Ajak mereka untuk bersama menikmati fasilitas dan wahana permainan yang ada di tempat wisata. Tertawa bersama orang lain bisa memberi efek yang positif pada suasana hati. Dengan berlibur bersama, macetnya perjalanan tidak akan terasa. Fasilitas yang buruk di tempat wisata malah bisa jadi bahan diskusi atau bahan pembicaraan yang menyenangkan. Harga tiket atau akomodasi mahal? Justru itulah gunanya berlibur bersama, karena setidaknya kamu tidak akan menanggungnya sendirian.

2. Berinteraksi dengan orang-orang baru

Jika tidak ada teman atau keluarga yang diajak berlibur, atau kamu lebih senang berlibur sendirian, kamu masih tetap bisa merasa bahagia. Caranya, berinteraksilah dengan orang-orang asing yang tidak kamu kenal di tempat wisata, atau saat di perjalanan. Menyapa dan mengajak bicara teman duduk di kereta atau pesawat terbang. Sekedar bertanya hendak liburan kemana. Siapa tahu tujuannya sama dan bisa kamu jadikan rekan perjalanan di tempat liburan nanti. Bahkan, bisa jadi jika kamu bertemu lawan jenis, hubungan ini bisa berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Bukankah ini membuat liburanmu jadi kenangan yang romantis?

3. Kuasai ketrampilan baru saat liburan

Menguasai keterampilan baru juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan kebahagiaan dalam waktu jangka panjang (walaupun mungkin membuat frustrasi selama proses berlangsungnya). Jika kamu tidak pernah mendaki gunung, cobalah sesekali mendaki. Jangan langsung mengambil medan gunung yang berat. Tak perlu khawatir masalah perlengkapan karena sekarang banyak usaha persewaan alat-alat pendakian. Kamu juga tidak perlu khawatir akan tersesat, atau merasa berat karena tidak mengerti cara mendirikan tenda atau teknik memasak di alam bebas. Di luar sana banyak komunitas pendaki yang sering mengadakan acara pendakian bersama, juga banyak penyedia jasa wisata yang menyediakan pemandu saat mendaki gunung.

Selain mendaki gunung, alternatif lainnya kamu bisa merencanakan liburan untuk mengasah ketrampilan snorkling atau menyelam. Atau pergi ke tempat wisata di daerah yang bahasanya tidak kamu mengerti supaya kamu bisa belajar menguasai bahasa tersebut. Liburan berbasis sains juga bisa membuat kamu lebih bahagia. Kunjungilah museum, atau wisata heritage dengan pemandu lokal yang mengerti sejarah tempat wisatanya.

4. Liburan sekaligus jadi sukarelawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline