Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

Hangout "Olahraga Malam" Di Kompasiana TV

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14267823711513046759

[caption id="attachment_356435" align="aligncenter" width="300" caption="talkshow "][/caption]

Rabu malam kemarin, tiba-tiba saya ditelpon mas Harry yang mengaku dari kompasiana. Pikir saya, kok tumben ada orang dari kompasiana menelpon saya, pasti ada apa-apanya nih (kali aja saya menang kuis atau lomba). Ternyata, mas Harry mengajak (lebih tepatnya memilih) saya untuk ikut di acara talkshow Kompasiana TV, Kamis (19/3) malam. Saya jadi bingung, karena saat ini domisili saya di Denpasar, bagaimana bisa saya harus mendadak ikut talkshow di studio Kompasiana di Jakarta?

Sambil tertawa renyah, mas Harry menjelaskan bahwa acara talkshow tersebut tetap bisa saya ikuti lewat fasilitas video conference melalui aplikasi Google Hangout. Berhubung saya sedikit gagap teknologi, saya pun meminta pengarahan dari mas Harry, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut untuk bisa ikut acara talkshow.

Pada intinya, sama seperti layanan messenger lainnya yang mempunyai fasilitas video conference (seperti Skype atau lainnya), lewat Google Hangout pengguna aplikasi tersebut bisa diundang untuk ikut bergabung bersama. Untuk itu, yang harus dipersiapkan hanya akun Google plus (G+) yang terintegrasi dengan akun gmail kita. Ditambah dengan aplikasi Google voice and video yang harus kita instal di komputer/laptop. Tentu saja komputer/laptop tersebut sudah harus mempunyai kamera.

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, barulah pada waktu yang ditentukan saya diundang melalui email untuk ikut gabung video conference. Jam 7 malam (Wita), Kompasiana TV mulai mengumpulkan rekan-rekan kompasiana lainnya yang diundang untuk ikut acara talkshow ini. Hanya ada tiga kompasianer yang diundang. Selain saya sendiri, ada juga kompasianer mas Shandy Adam dan mas Disna.

Tema talkshow kali ini adalah "Olahraga Malam". Acara yang dipandu oleh presenter Cindy Sistriani ini menghadirkan dua orang penggiat olahraga malam hari, yakni mas Yomi dan mbak Chia Harijanto dari komunitas Indorunners, serta dokter Wishnu (lupa nama lengkapnya), seorang dokter spesialis dan konsultan kesehatan.

Indorunners sendiri merupakan komunitas penggiat olahraga lari (jogging) terbesar se Indonesia, yang uniknya malah sering dilakukan di malam hari. Menurut mas Yomi yang juga co-founder Indorunners, Indorunners sudah mempunyai cabang komunitas yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Komunitas ini senantiasa menyebarkan 'virus lari' yang bertujuan untuk mempopulerkan lari sebagai olahraga yang menyenangkan, mudah dilakukan, serta menjadikannya bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Sementara itu, dokter Wishnu juga menjelaskan apa dan bagaimana seharusnya olahraga di malam hari itu dilakukan, ditinjau dari segi kesehatan tentunya. Setelah mendengar penjelasan dari narasumber, tiga rekan kompasiana yang diundang diberi kesempatan untuk bertanya, atau menyajikan pendapat tentang olahraga di waktu malam hari.

Ini merupakan pengalaman yang pertama saya diundang ikut talkshow, meski hanya sebatas lewat video conference. Saya pun berkhayal, berhubung tulisan-tulisan saya di kompasiana sebagian besar bertema sepakbola, apakah mungkin Kompasiana TV mengadakan talkshow tentang sepakbola, yang mana bisa saja sebagai narasumber dihadirkan pihak PSSI atau pengurus klub, dan dari pihak kompasiana adalah rekan-rekan kompasiana yang aktif menulis tentang sepakbola. Sehingga, bisa jadi akan muncul ide-ide yang bisa membawa kemajuan bagi sepakbola Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline