Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

AFC, Pilih 1 Pemain Ilegal atau 1 Tim Ilegal?

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Keputusan Adelaide United yang memainkan pemain ilegal saat pertandingan play off LCA melawan Persipura ternyata membikin bingung AFC. Induk organisasi sepakbola Asia ini menghadapi dilema dalam menentukan kasus tersebut.

Adelaide United memainkan Cassio, pemain asal Brazil yang belakangan diketahui seharusnya tidak boleh tampil melawan Persipura karena menerima kartu merah di pertandingan terakhir klub di LCA 2010 melawan Jeonbuk Hyundai Motors pada babak 16 besar.

Kasus ini jelas menjadi pekerjaan rumah yang rumit bagi AFC. Menurut saya, ada beberapa alternatif keputusan yang akan diambil oleh AFC

1. AFC akan menunggu hasil putusan final dari CAS. Bila CAS memenangkan Persipura, maka AFC akan langsung mendiskualifikasi Adelaide United. Bila CAS menggugurkan gugatan Persipura, maka AFC akan menganggap laga play off tidak pernah ada sehingga tetap Adelaide yang lolos.

3. AFC tidak bisa menunggu putusan final CAS. Dalam jadwal hearing terbaru yang dikeluarkan CAS, masih belum ada jadwal gugatan Persipura sampai bulan April, sementara jadwal fase grup LCA sudah akan dimulai tanggal 6 Maret. Memang bisa juga putusan final CAS untuk kasus Persipura ini belum terjadwalkan. Namun, bila AFC tergesa mengambil keputusan dengan memenangkan Persipura (kesalahan Adelaide United sudah jelas, sedangkan Persipura masih menggantung), dan jika nanti ternyata CAS menggugurkan Persipura, maka AFC akan mendiskualifikasi Persipura dari fase grup LCA.

Sampai sedemikian bingungnya AFC sehingga seorang fans Adelaide United dalam tweetnya membuat guyonan : @AFC, pilih mana, 1 pemain ilegal atau 1 tim ilegal?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline