Lihat ke Halaman Asli

Rienta Primaputri

Personal space to share ideas, updates and inspirations.

Begini Agenda Raja Salman di China

Diperbarui: 17 Maret 2017   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertemuan Raja Arab Saudi Salman dengan Presiden China Xin Jingping. (Foto Reuters)

Setelah sebelumnya sempat melakukan lawatan selama 13 hari lamanya di Indonesia dan Jepang, kini Raja Salman beserta rombongan sedang berada di China. Terlansir Xinhua, China akan menjadi negara terakhir yang akan dikunjungi Raja Salman dalam Tur Asianya. Menilik dari sejarah perjalanan pemimpin-pemimpin Saudi, Tur Asia yang dilakukan oleh Raja Salman menjadi perjalanan luar negeri terlama dalam waktu sebulan penuh. 

Fokus kunjungan Raja Salman ke China masih sama dengan negara-negara sebelumnya yaitu kerjasama ekonomi untuk menggenjot reformasi di negaranya. Arab Saudi sudah berupaya meningkatkan penjualan minyak ke China yang merupakan pasar minyak terbesar kedua di dunia. Hal ini dilakukan karena Saudi sudah kehilangan pangsa pasar di Rusia pada tahun lalu. 

Tanda Tangan Kesepakatan Investasi Sebesar 65 Milliar dollar AS

Dalam hari kunjungan pertamanya ke China, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud disambut oleh Presiden Xi Jinping dalam upacara kenegaraan dengan prosesi inspeksi pasukan. Presiden Xi Jinping dalam sambutannya mengatakan bahwa China adalah pasar bagi ekspor minyak yang andal dan stabil. China dan negara Islam lainnya telah saling menghormati dan memiliki kerja sama yang menguntungkan kedua pihak (win win solution). 

Raja Salman pun menanggapi pernyataan Jinping dengan berpesan agar China dapat mengambil peran dalam kerja sama dengan Timur Tengah. Arab Saudi ingin bekerja keras dengan China untuk kampanyekan perdamaian global dan regional, keamanan dan kesejahteraan. Pertempuan kedua negara tersebut menghasilkan penandatanganan kerjasama sebesar USD 65 miliar atau sebesar Rp. 845 trilliun, nominal ini terbilang jauh lebih banyak dibandingkan dengan nilai investasi di Indonesia. 

Referensi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline