Lihat ke Halaman Asli

Prima Nadia Rahayu

Junior Content Writer:)

Bisnis Online Lebih Menguntungkan Ketimbang Bisnis Konvensional, Mengapa?

Diperbarui: 3 Desember 2021   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Revolusi 4.0 atau upaya transformasi pengkolaborasian teknologi dengan sistem produksi perindustrian merupakan sebuah usaha yang menjadikan teknologi sebagai sistem utama dalam kehidupan sosial. Ini mengakibatkan sektor-sektor kehidupaan dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai upaya utama dalam menjalani segala bidang yang berkaitan dengan aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah dunia perdagangan. 

Pada perkembangan industri sebelumnya, kegiatan bisnis dan perdagangan masih dilakukan secara langsung, dimana penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung dalam satu tempat. Namun, seiring berkembangnya jaman dan teknologi, dunia bisnis dan perdagangan bisa dilakukan secara online dan segala pertransaksian dapat dilakukan secara virtual melalui media elektronik.

Maka dari itu bisnis online dapat mempermudah konsumen dalam memilih barang dan melakukan transaksi, ini juga merupakan solusi bagi para pebisnis yang telah hilang arah akibat adanya pandemi. Bisnis online dapat di artikan sebagai suatu pemanfaatan teknologi atas segala kegiatan ekonomi. Hal dasar yang perlu diketahui oleh pelaku ekonomi digital antara lain ;

1. Mampu mengelola dan mengoperasikan komputer dan media elektronik

2. Mempunyai pengetahuan yang cukup dalam dunia digital

3. Memiliki akun email dan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram

4. Memiliki akun bank lokal maupun virtual

Pada pelaksanaannya, bisnis online sejatinya lebih mudah dikelola di banding bisnis konvensional. Ini karena bisnis online tidak membutuhkan orang banyak yang ahli dalam teknologi. Salah satu platform digital pada bidang e-commerce di Indonesia adalah Shopee, Lazada, Tokopedia dan beragam jenis platform lainnya. 

Dengan adanya platform e-commerce tersebut tentu dapat mempermudah pelanggan dalam mencukupi kebutuhannya tanpa harus berbelanja dan mencari barang keluar rumah. 

Disamping itu, kondisi sektor kehidupan yang masih belum stabil akibat Pandemi Covid-19 membuat daya tarik masyarakat menurun pada bidang pariwisata seperti traveloka.com, hal tersebut dapat terjadi karena terbatasnya aktivitas kegiatan masyarakat sehingga masyarakat pun takut untuk berpergian karena adanya pandemi. Tetapi ada juga platform yang justru mempunyai peluang besar di tengah pademi seperti pada bidang logistik dan kesehatan.  

Penerapan teknologi informasi ini juga diterapkan pada etanee yang merupakan platform digital yang bergerak pada bidang industri pangan dan pertanian. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline