Lihat ke Halaman Asli

Prima Danti Aulia

Profil Pribadi

6 Cara Atasi Stres Belajar Online di Masa Pandemi

Diperbarui: 17 Juli 2021   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sejak munculnya Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020, diterapkannya kebijakan social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sejalan dengan kebijakan social distancing, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran yang menyatakan pemberlakuan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar dan mahasiswa. 

Perubahan sistem pembelajaran ini mengharuskan para siswa untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. PJJ dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi digital seperti gawai dan komputer untuk mendapatkan materi pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya, perubahan sistem pembelajaran online ini memiliki beberapa tantangan bagi para pelajar. Diantaranya, koneksi internet yang tidak stabil dan tidak merata, fasilitas gadget yang tidak memadai, dan kurangnya pemahaman dalam menggunakan teknologi digital. Tidak hanya tantangan teknis, terdapat tantangan lainnya yang mempengaruhi tingkat kejenuhan yang menimbulkan stress. Diantaranya, proses pembelajaran yang tidak interaktif, kesulitan memahami materi pembelajaran, dan kejenuhan karena kurangnya interaksi secara langsung dengan teman sebaya. Untuk mengatasi kejenuhan dan stress yang dialami ketika belajar secara daring, terdapat enam cara yang dapat dilakukan :

1.Kenali hal yang memicu stress
Sebelum mencari tahu cara untuk mengatasi stress, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi pemicu stress. Dengan mengenali hal-hal yang memicu stress, kita dapat mengetahui akar permasalahan yang menyebabkan stress. Kita dapat menganalisis hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau tidak dilakukan untuk menghindari stress. Selain itu, kita juga akan lebih mengenal diri sendiri dengan mengetahui apa saja hal yang disukai ataupun tidak.

2.Melakukan aktivitas yang digemari
Melakukan aktivitas yang digemari atau hobi, dapat menjadi cara untuk menghilangkan kejenuhan belajar daring di rumah. Aktivitas tersebut juga biasa disebut sebagai refreshing diri. Ketika pikiran merasa jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang, mengalihkannya dengan aktivitas yang digemari dapat membuat pikiran fresh kembali. Selain itu, melakukan aktivitas yang digemari juga dapat meningkatkan keterampilan dan mengasah kemampuan yang dimiliki.

3.Tetap bersosialisasi meskipun secara virtual
Menurut penelitian, orang dengan aktivitas sosial yang rendah lebih rentan untuk mengalami stress. Maka dari itu tetap menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga dapat meminimalisir tingkat kejenuhan. Apabila merasa cemas atau jenuh hingga menimbulkan stress disaat menghadapi pembelajaran jarak jauh, jangan segan untuk bercerita kepada orang terdekat yang dipercaya. Dengan bercerita, kita dapat meringankan beban pikiran dan mengurangi stress.

4.Mempelajari Keterampilan Baru.
Mengeksplor diri mempelajari keterampilan baru dapat menjadi alternatif cara untuk mengatasi stress. Menurut penelitian Asian Education and Development Studies oleh Yamini Chandra (2021), mengalihkan stress dapat dilakukan dengan berkegiatan kreatif atau mempelajari keterampilan baru. Dengan mempelajari keterampilan baru dan mengasah kemampuan dibidang positif, akan menjauhkan diri dari kebosanan dan kejenuhan. Selain itu dengan mempelajari keterampilan baru, kita dapat mengeksplor potensi diri lebih jauh.
5.Mengatasi dengan bantuan professional
Dilansir dari artikel 9 Stress Management Tips for Successful Online Learning oleh Walden University, mengatasi stress dengan bantuan professional adalah salah satu cara terbaik. Dengan bantuan profesional, Anda dapat menjalani proses konseling atau konsultasi guna memetakan permasalahan yang dialami. Para ahli dapat mengetahui dengan tepat permasalahan apa yang dialami. Selain itu, para ahli dapat memberikan solusi yang dibutuhkan untuk mengelola stress secara efektif.
6.Meditasi Pernafasan
Menurut penelitian yang dilakukan Yale Child Study Center dan The Yale Center for Emotional Intelligence, latihan pernapasan efektif dalam dalam mengurangi stress jangka pendek ataupun jangka panjang. Dengan teknik pernafasan kita dapat menguasai pikiran untuk mengendalikan emosi. Cara yang perlu dilakukan yakni dengan mengubah rasio tarikan nafas dengan rasio hembusan nafas. Menghitung tarikan nafas sebanyak 4 hitungan, lalu keluarkan setelah delapan hitungan. Pendekatan tersebut merupakan praktik umum penapasan untuk mengurangi stress.
6 cara diatas dapat kalian lakukan untuk mengatasi stress karena pembelajaran jarak jauh secara online. Jangan mengabaikan perasaan cemas atau jenuh secara berlebihan yang menimbulkan stress. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan kesehatan jasmani. Maka atasi lah dengan cara yang positif seperti ke-enam tips diatas untuk mengatasi stress dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline