KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3.a.9
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Priesda Dhita Melinda -- CGP Angkatan 2 Kota Bandar Lampung
Modul 3.3 ini merupakan paket modul terakhir dalam rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak. Modul ini berisi tentang Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dimana dibahas tentang bagaimana membuat program dengan tahapan BAGJA, melakukan strategi MELR (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting), melakukan manajemen resiko dimana di sini dibahas bagaimana meminimalkan resiko yang akan timbul dari program yang dibuat.
Hal yang menarik dari modul ini adalah dalam pembuatan program diperlukan perencanaan yang baik supaya kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan harapan yang diinginkan serta sejalan juga dengan visi sekolah. Selain perencanaan juga perlu adanya kerjasama oleh semua pihak serta upaya yang konsisten dan berkesinambungan. Pemetaan sekolah sangat penting dilakukan untuk mendapatkan data terkait aset atau kekuatan yang dimiliki sekolah sehingga nantinya akan mendukung program yang dibuat. Pemetaan aset atau kekuatan ini sudah dipelajari pada modul sebelumnya yaitu pada modul 3.2 tentang Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya. Kekuatan yang dimiliki sekolah dijadikan sebagai modal dalam membantu sekolah menjalankan program-program yang berdampak pada murid. Proses pemetaan yang dilakukan sebagai salah satu upaya sekolah dalam menerapkan inkuiri apresiatif tahapan BAGJA.
Hal menarik lainnya adalah mengenai Pengelolaan Program adalah strategi MELR (Monitoring, Evaluation, Learning and Reporting), berikut penjelasannya:
1. Monitoring dan Evaluasi (Monitoring and Evaluation)
Monitoring dan evaluasi adalah suatu aktivitas yang sangat penting untuk mendukung tercapainya suatu tujuan dari proyek atau program yang dilakukan. Monitoring dan evaluasi perlu disinergikan dengan kegiatan atau program yang sedang berjalan dengan melakukan perencanaan, tindakan, dan refleksi. Kertsy Hobson menawaran dua belas prinsip dasar yang dapat digunakan sebagai pedoman:
- mengetahui alasan mengapa monitoring dan evaluasi dibutuhkan
- menyetujui prinsip-prinsip yang menjadi pedoman yaitu harus relevan, berguna, sesuai dengan waktu yang ditetapkan, dan kredibel.
- menentukan program atau proyek yang perlu dimonitor
- menentukan siapa saja yang terlibat dalam setiap tahapan monitoring dan evaluasi
- menentukan topik kunci dan pertanyaan untuk melakukan investigasi
- mengklarifikasi sasaran, tujuan, aktivitas, dan langkah-langkah untuk berubah
- mengidentifikasi informasi yang perlu diketahui
- memutuskan bagaimana informasi diperoleh
- menilai kontribusi/pengaruh yang diberikan
- menganalisis dan menggunakan informasi
- menjelaskan data
- etika dan proteksi data
2. Pembelajaran (Learning)
Dr Roger Greenaway seoarang ahli di bidang pelatihan guru dan sebagai fasilitator merancang kerangka kerja pembelajaran (Learning) melalui empat tingkat model.