Lihat ke Halaman Asli

Pricilya

Beyond Imagination

5 Tragedi Ledakan Terdahsyat yang Menggemparkan Dunia

Diperbarui: 6 Agustus 2020   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: NETRAL.NEWS

Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak dapat diprediksi oleh manusia, tak terkecuali ledakan yang menggguncang pemukiman dan wilayah di bumi.

Ledakan yang terjadi mampu menghancurkan wilayah masyarakat hingga memakan korban jutaan jiwa yang tak bersalah.

Berikut ledakan-ledakan yang merupakan tragedi ledakan terdahsyat di dunia:

1. Letusan Gunung Krakatau (1883)

Peristiwa dahsyat rupanya pernah terjadi di Indonesia, yakni letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Ledakan yang dihasilkan oleh gunung krakatau bahkan menyebabkan gempa yang dirasakan mulai dari Autralia hingga daratan Afrika. Setidaknya terdapat 36.000 tewas dalam kejadian dahsyat dalam sejarah.

Hal lain yang mencekam pada peristiwa letusan Gunung Krakatau adalah awan debu vulkanik yang menutupi atmosfer bumi. Matahari saat itu redup hingga kegelapan melanda dunia beberapa saat.

2. Siberia (1908)

Sumber: Geo Cosmic REX

Ledakan Siberia pada tahun 1908 dikatakan sebagai ledakan terhebat era tahun 90-an. Tragedi ini bermula saat lambungan bola api berdiameter 50-100 m menghantam permukaan bumi. Akibat yang ditimbulkan yaitu terbakarnya hutan seluas 2.000 km persegi dan menghanguskan 80 juta pohon disana. Benda-benda langit yang misterius juga bejatuhan secara beriringan, seperti batu-batu. (Sumber: BBC News Indonesia)

3. Bom Hiroshima dan Nagasaki (1945)

 

Sumber: Okezone News

Bangsa Indonesia sudah tidak asing dengan peristiwa ini. Kejadian pengeboman pada 6 Agustus dan 9 Agustus 1945, di dua kota penting Hiroshima dan Nagasaki ini membuat Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu.

Korban meninggal akibat peristiwa ini berjumlah 140.000 warga di Hiroshima dan 70.000 warga di Nagasaki. Pengeboman ini juga menghancurkan hampir seluruh bangunan penting di dua kota tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline