Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Smartphone Android dalam Pembelajaran Gitar Mata Pelajaran Seni Budaya

Diperbarui: 24 Januari 2023   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam dunia pendidikan, baik ditingkat sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi, penggunaan smartphone juga  banyak  diminati oleh  siswa,  mahasiswa,  guru,  serta  dosen dalam dalam kebutuhan informasi. Tetapi, penggunaan tersebut kurang maksimal karena di dalam smartphone terdapat  aplikasi  dan software yang  mendukung dalam  kegiatan  belajar mengajar, dan tidak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Minovic   (2012:893)  menyatakan   bahwa   siswa   saat   ini   telah   tumbuh      dengan menggunakan  perangkat  seperti  komputer,  ponsel,  dan  video  untuk  hampir  setiap  kegiatan dari  kegiatan  belajar,  bekerja,  atau  sebatas  hiburan.  

Pernyataan  tersebut  menguatkan bahwa perkembangan smartphone saat ini tidak hanya sebatas alat komunikasi, namun saat ini smartphone banyak digunakan dalam segala aktifitas salah satunya yaitu sebagai media pembelajaran. Media  pembelajaran  sangatlah  penting  dibutuhkan  oleh  siswa  untuk  membantu proses  belajar  karena  media  pembelajaran  adalah  semua  yang membantu  guru  dalam proses belajar mengajar serta alat pengantar pesan pada siswa dari sumber-sumber belajar. Seperti  halnya  yang  disampaikan  oleh Munadi (2010:7) bahwa "segala sesuatu yang dapat menyampaikan  dan  menyalurkan  pesan  dari  sumber  secara  terencana  sehingga  tercipta lingkungan  belajar  yang  kondusif  dimana  penerimanya  dapat  melakukan  proses  belajar secara efesien dan efektif".

Tanpa  adanya  sarana  ataupun  alat  bantu  (media)  membuat  tidak  maksimalnya proses  komunikasi  dalam  pembelajaran,  karena  kegiatan  pembelajaran  tidak  terlepas  dari proses komunikasi, maka diperlukan alat perantara yang disampaikan oleh guru pada siswa. Penggunaan mediasebaiknya menjadi bagian yang perlu diperhatikan lebih dalam kegiatan belajar mengajar. 

Peran   guru   dalam   pembaruan   dan   pengadaan  media   pembelajaran   sangatlah penting  karena  guru  berperan  penting  dalam  proses  pembelajaran  di  kelas.  Maka  dari  itu seorang   guru   dituntut   untuk   mengolah   kemampuannya   untuk   menggunakan   media pembelajaran   yang   lebih   efektif   dan   efesien   sehingga   pembelajaran   dapat   lebih menyenangkan.  Dalam  hal  ini  mutu  serta  keprofesionalan  seorang  guru  dapat  dilihat  dari sejauh  mana seseorang bias memaksimalkan  kemampuannya  dalam  pengadaan  media pembelajaran  tersebut.  Sama halnya  yang  disampaikan  oleh  Miarso (1986:105) bahwa "hal pertama  yang  dilakukan  guru  dalam  penggunaan  media  secara  efektif  adalah  mencari, menemukan  dan  memilih  media  yang  memenuhi  kebutuhan  belajar  anak,  menarik  minat anak,  sesuai  dengan  perkembangan  kematangan  dan  pengalamannya  serta  karakteristik khusus yang ada pada kelompok belajarnya". 

Pada  era  industri  4.0  ini,  media  pembelajaran  yang  digunakan  dalam  pendidikan sekolah  maupun  perguruan  tinggi  dituntut  untuk  bisa  bersaing  serta  menyesuaikan  dengan kebutuhan  belajar  serta  capaian  yang  ada  di  dalam  dunia  pendidikan  saat  ini,  agar  bisa bertransformasi  menyesuaikan  kemajuan  teknologi  dan  informasi  yang  ada.  Sama  halnya yang  disampaikan  oleh  Kanselir  Jerman,  Angela  Merkel  (2014)  yang  memiliki  pendapat bahwa  Industri  4.0  adalah  transformasi  komprehensif  dari  keseluruhan  aspek  produksi  di industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Jika dalam pendidikan di Indonesia bisa melakukan hal tersebut, kegiatan belajar dan mengajar   di   lingkungan   sekolah   maupun   di   perguruan   tinggi   akan   mencapai   tingkat keberhasilan belajar yang maksimal. 

Salah satu materi pembelajaran yang bisa dimaksimalkan proses pembelajarannya, yaitu pembelajaran "gitar", banyak  sekolah-sekolah musik maupun  perguruan  tinggi  swasta  (seni)  yang  masih  sulit  untuk  beranjak  bertransformasi menyesuaikan proses  pembelajaran di  era yang  serba  teknologi ini. Seperti  halnya  yang dinyatakan oleh Rustaman (2001:461) bahwa "proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya  terdapat  kegiatan  interaksi  dan  komunikasi  timbal-balik  yang  berlangsung  dalam situasi  edukatif  untuk  mencapai  tujuan,    proses  pembelajaran guru  dan  siswa merupakan dua  komponen  yang  tidak  bisa  dipisahkan.  Antara  dua  komponen  tersebut  harus  terjalin interaksi yang saling menunjang agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal".

Dalam  mengoptimalkan  proses  pembelajaran  instrumen  "gitar"  digunakan  media pendukung  belajar  dari aplikasi smartphone andorid,  yaitu Real Guitar.  Dimana  di  dalam aplikasi Real Guitar ini  terdapat Tools yang  berisi chord  library, Recording dan  kemudian  juga  ada Tuner (pengatur  suara senar). Dengan adanya  beberapa fitur dalam  aplikasi smartphone andorid  ini,  penulis  yakin akan banyak membantu siswa dalam pembelajaran instrumen gitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline